TribunManado/

Citizen Journalism

Di Katon Youth Day 2017 Kami Belajar Makna Cinta Sejati

Ia mengantar pada pertanyaan mengapa anak muda dewasa ini memilih seks bebas dan hamil lebih dahulu sebelum menikah.

Di Katon Youth Day 2017 Kami Belajar Makna Cinta Sejati
ISTIMEWA
Sebagian dari peserta Katon Youth Day di Paroki Laikit, Minahasa Utara, menyimak pemaparan saat sharing bersama seusai live in. 

Oleh:
Gilbert Sebenan
OMK Kevikepan Tonsea

SELAMA empat hari, yakni 26 sampai 29 Oktober 2017, Orang Muda Katolik (OMK) Kevikepan Tonsea (Katon) menggelar Katon Youth Day (KYD) yang dipusatkan di Paroki Laikit, Minahasa Utara.

Kegiatan ini diisi dengan live in, seminar, dan perayaan ekaristi. Agustinus Kalengkongan, Ketua OMK Katon, menjelaskan bahwa KYD sungguh-sungguh mengedepankan perjumpaan dan pertemuan, sehingga tidak digelar dalam bentuk lomba atau persaingan.

Kegiatan ini juga untuk mewujudkan visi dan misi Komisi Kepemudaan Keuskupan Manado, yakni menjadikan OMK yang cerdas, tangguh, militan, dan misioner.

Porsi waktu untuk live in menjadi yang paling banyak. Bentuknya mengadopsi kegiatan Indonesian Youth Day (IYD) dan Asian Youth Day (AYD).

Baca: Sambut Helatan Akbar Katon Youth Day 2017

Sejak Kamis sampai Sabtu seluruh peserta disebar ke delapan paroki di Kevikepan Tonsea untuk tinggal dan mengalami realitas umat setempat, termasuk di venue utama, Paroki Laikit.

Selama itu peserta wajib mengikuti irama hidup dari keluarga tempat ia tinggal, berdoa bersama, dan akhirnya akan diminta membuat refleksi atas pengalaman perjumpaan yang dialaminya.

"Dengan live in, OMK diharapkan boleh belajar banyak, tanpa harus mengajar mereka dengan banyak kata-kata," ujar Agustinus, OMK yang baru saja dilantik sebagai bagian pimpinan Dewan Paroki Watutumou.

Pada Sabtu, para peserta meninggalkan tempat live in dan kembali bergabung di Paroki Laikit untuk mengikuti seminar atau semacam ngobrol pintar ala OMK.

Halaman
12
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help