TribunManado/

Ingat! Jangan Pesan Makanan Saat Perut Lapar Jika Ingin Makan Sehat

Belanja bahan makanan atau pergi ke restoran saat perut sedang lapar-laparnya bukanlah sebuah ide bagus.

Ingat! Jangan Pesan Makanan Saat Perut Lapar Jika Ingin Makan Sehat
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Belanja bahan makanan atau pergi ke restoran saat perut sedang lapar-laparnya bukanlah sebuah ide bagus.

Bila tidak, keranjang belanja atau meja makan Anda pasti akan dipenuhi dengan makanan olahan atau instan yang menyumbang kalori, gula, dan garam yang tinggi, dengan sedikit serat dan nutrisi.

Bila sebelumnya alasan di balik fenomena ini tidak begitu dipahami, peneliti dari Universitas Johns Hopkins menjabarkan topik tersebut secara ilmiah.

Foto makanan junk food seperti burger, pizza ayam goreng tepung, termasuk makanan dengan kalori dan lemak tinggi, bisa mengalihkan perhatian kita bahkan ketika sedang mengerjakan tugas lain dengan seksama.

Demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychonomic Bulletin and Review.

Hal menarik lainnya, setelah peserta penelitian selesai mencicipi makanan tidak sehat tadi, barulah hasrat untuk makan makanan sehat datang kembali.

Ini sebabnya, menjadi tidak heran bila banyak orang yang kerap menyesal mengapa tak makan sehat sebelumnya.

Selama penelitian, peneliti melibatkan peserta dalam tes komputer yang sulit, sementara, di sisi layar terselip gambar makanan tinggi lemak atau berkalori tinggi, makanan sehat, makanan cepat saji, yang sesekali melintas cepat.

Periset menemukan bahwa gambar makanan tidak sehat membuat peserta hampir dua kali terganggu fokusnya dalam menyelesaikan tugas mereka, dibandingkan dengan gambar makanan sehat atau benda lain.

Hal ini kerap membuat peserta memilih makanan tidak sehat saat waktu makan tiba.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help