TribunManado/

Pelaku Teror New York Ucapkan Janji Setia kepada ISIS

Penyidik menduga Sayfullo Saipov beraksi sendiri pada aksi teror mobil di Manhattan, New York, Amerika Serikat Selasa (31/10/2017).

Pelaku Teror New York Ucapkan Janji Setia kepada ISIS
afp
Gubernur New York Andrew M. Cuomo

TRIBUNMANADO.CO.ID, NEW YORK - Penyidik menduga Sayfullo Saipov beraksi sendiri pada aksi teror mobil di Manhattan, New York, Amerika Serikat pada Selasa (31/10/2017) atau Rabu (1/11/2017) pagi (Wita). Dia adalah seorang radikal yang datang ke Amerika Serikat.

Demikian pernyataan Gubernur New York Andrew M. Cuomo, seperti dilansir dari Whasingtonpost.com, Rabu kemarin.

Cuomo mengatakan, bahwa pelaku telah dipengaruhi oleh ajaran Negara Islam Irak Suriah (ISIS) setelah tiba di AS dari Uzbekistan. Pejabat setempat mengatakan Saipov, meninggalkan sebuah catatan yang menyatakan kesetiaannya kepada kelompok ISIS, namun pihak berwenang belum menemukan hubungan antara dia dan ISIS atau organisasi lainnya.

"Bukti menunjukkan. . . bahwa setelah dia datang ke Amerika Serikat, adalah ketika dia mulai mendapat informasi tentang ISIS dan taktik radikal Islam, "kata Cuomo. "Kami belum memiliki bukti kuat. Satu-satunya bukti kami sampai saat ini adalah bahwa ini adalah insiden yang dia lakukan sendiri."

Saipov tiba di AS enam tahun yang lalu. Dia pindah dari New Jersey ke Ohio dan Florida. Saipov menabrakan truk sewaan ke pejalan kaki dan pesepeda di sepanjang Sungai Hudson pada Selasa siang. Dia terluka ditembak oleh polisi dan saat telah ditahan.

Sedikitnya delapan orang terbunuh - di antaranya lima orang Argentina dan seorang Belgia - dalam serangan teroris paling mematikan di New York sejak 11 September 2001. *

Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help