Kurs Euro Memberi Sinyal Penguatan Terhadap Yen

Tren penguatan mata uang Negeri Paman Sam, dollar Amerika Serikat bahak diikut EUR/JPY.

Kurs Euro Memberi Sinyal Penguatan Terhadap Yen
afp
Mata uang Eoru dan Yen

 
TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Tren penguatan mata uang Negeri Paman Sam, dollar Amerika Serikat bahak diikut EUR/JPY. Pergerakan pasangan mata uang EUR/JPY saat ini relatif stabil. Setelah jatuh ke level terendah dalam sebulan, kini euro sudah mulai memberi sinyal penguatan terhadap yen jepang. Pasangan kedua mata uang ini berada dalam trend bullish.

Mengutip Bloomberg, Selasa (31/10) pukul 19.00 wib pasangan EUR/JPY terlihat menguat 0,03% ke level 131,91. Sebelumnya pada tengah sesi perdangan euro sempat melemah sekitar 0,17% dihadapan yen di level 131,64.

Nizar Hilmy, Analis PT Soe Gee Futurs melihat di awal perdagangan euro sempat mendapatkan tekanan dari kondisi geopolitik. Sejak Catalonia mendeklarasikan kemedekaannya atas Spanyol ini menimbulkan tingkat ketidakpastian di pasar. Apalagi selama ini Catalonia menyumbang sekitar 20% ekonomi Spanyol.

“Tapi ini tidak akan berdampak panjang karena persoalan ini pasti akan dicarikan solusi,” terangnya kepada Kontan.co.id, Selasa (31/1).

Menurut Nizar kondisi ekonomi Uni Eropa yang membaik masih bisa menjadi sentimen positif yang menguntungkan euro. Sebaliknya dari Jepang tidak adanya perubahan kebijakan Bank of Japan (BoJ) sulit bisa menguntungkan yen. Untuk Rabu (1/11) diperkirakan pasangan EUR/JPY masih akan melanjutkan penguatan.

Secara teknikal saat ini harga berada dibawah garis moving average (MA) 10 dan MA 25. Indikator relative strength index (RSI) masih bergerak sideways di level 44. Indikator moving average convergence (MACD) masih positif di level 0,38. Sedangkan indikator stochastic terlihat turun dari level 19 ke level 11. *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved