Kejanggalan-kejanggalan Perekrutan Guru Kontrak Menurut Dewan Bolmong

"Sebagai mitra kerja dinas pendidikan, saya sangat menyayangkan hal itu," ujar Ketua Komisi III DPRD Bolmong Masri Masenge.

Kejanggalan-kejanggalan Perekrutan Guru Kontrak Menurut Dewan Bolmong
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Siswa SDN Gunung Sari belajar di bangunan sekolah yang mirip gubuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dewan ungkap kejanggalan perekrutan guru berstatus kontrak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong Masri Masenge mengungkapkan, ada sejumlah temuan saat pihaknya turun ke lapangan.

Di antaranya, ada guru kontrak yang berijazah SMA. Seharusnya pendidikan minimal guru kontrak adalah sarjana.

Selain itu, ada beberapa tempat guru kontrak yang diduga fiktif. Mereka langsung jadi guru kontrak tanpa prosedur yang benar.

Ada guru kontrak yang memenuhi syarat, tapi tidak diperpanjang.

"Sebagai mitra kerja dinas pendidikan, saya sangat menyayangkan hal itu. Selama ini kami meminta data guru kontrak tapi tak pernah dikasih," ujar Masri, Kamis (26/10/2017).

Djafar Paputungan, Kepala Dinas Pendidikan, membantah tudingan tersebut. Menurutnya, perekrutan guru kontrak sudah sesuai prosedur.

"Kalau ada yang masih SMA, katanya sementara studi. Itu masih kuliah. Saya bisa mempertanggung jawabkan semua guru kontrak yang ada di Bolmong," kata dia..

Saat ini ada 210 guru kontrak di Bolmong. Idealnya ada 600 guru kontrak di Bolmong. Namun penambahan guru, lanjut dia, masih akan melihat posisi APBD 2018 nanti.

"Guru kontrak ada yang dibiayai APBD, ada yang dana BOS. Kalau APBD 210 itu. Kalau yang dari BOS, belum tahu berapa. Masih sementara inventarisir," kata Djafar.

Terkait data guru kontrak yang belum diberikan pada Komisi III, Djafar mengatakan kewenangan memberikan data ada pada pimpinan.

Namun ia tak memberikan penjelasan jelas siapa pimpinan yang dimaksud.

Tahun 2017 ini, Rp 1,9 miliar untuk membayar honor guru kontrak. Tahun 2016 honor guru kontrak Rp 500 ribu per bulan. Tahun 2017 ini naik jadi Rp 2017.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved