TribunManado/

Bukit Pengharapan Desa Ratatotok, Wilayah Tambang Yang Jadi Lokasi Wisata

Berada diketinggian Gunung mungkin sudah biasa, tapi bagaimana rasanya jika Gunung atau berada di wilayah ketinggian

Bukit Pengharapan Desa Ratatotok, Wilayah Tambang Yang Jadi Lokasi Wisata
(IST/Ryano Timbel)
Lokasi bukit harapan diambil dari udara 

Liputan Wartawan Valdy Vieri Suak

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN- Berada diketinggian Gunung mungkin sudah biasa, tapi bagaimana rasanya jika Gunung atau berada di wilayah ketinggian yang berada tepat di pinggiran Pantai.

Seperti Bukit Pengharapan yang ada di Desa Ratarotok, tak hanya menyajikan kesejukan berada diketinggian. Naik ke Bukit tersebut juga bisa menikmati berbagai pemandangan ini.

Hamparan pasir panjang Pantai Lakban terlihat jelas dari lokasih tersebut. Tak hanya itu, bagi yang hobi memburu keindahan Matahari sangat tepat mengunjungi lokasih tersebut.

Wilayah yang masuk Perusahaan tambang PT Newmont Minahasa Raya ini juga menyajikan keindahan yang unik. Dimana saat berada di atas puncak bisa menikmati Sunset dan Sunrise.

Meski belum dikelolah oleh Pemerintah namun beberapa pengunjung yang datang ke lokasih tersebut mengaku kagum.

Seperti yang dikatakan Meydi Tewu, ia yang sempat bermalam dilokasih tersebut mengatakan sangat puas datang ke lokasih tersebut. "Jarang dapat tempat seindah ini, biasanya hanya buka tenda di puncak Gunung. Tapi disini sensasinya lain," jelasnya.

Dia yang juga anggota Komunitas Pecinta Alam (KPA) mengaku bahwa lokasi tersebut sangat menjanjikan jika dikelola. "Kiri kanan bisa lihat Pantai, di depan laut lepas. Ini jarang saya lihat ditempat lain kalau dikelola maksimal lebih baik," bebernya.

Bagi yang ingin berlama-lama tapi takut cuaca hujan, tidak perlu khawatir. Di puncak bukit terdapat pondok-pondok besar yang nyaman bagi pengunjung.

Salah satu kekurangan lokasih tersebut tidak adanya petugas. Sehingga sebagian lokasi terlihat tak terurus dan dipenuhi sampah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Desten Katiandago mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pembenahan di lokasi tersebut. "Dan pihak Newmont dalam waktu dekat akan menghibahkan laokasi tersebut kepada Pemerintah. Yang nantinya akan kita kelola lebih baik lagi," akunya.

Bagi yang ingin ke Lokasih tersebut, dari pusat kota Ratahan, Kabupaten Mitra bisa menggunakan angkutan umum dengan jarak tempu 45 menit. Sedangkan dari Tutuyan pusat Ibukota Kabupaten Bolaangmongondow Timur (Boltim) hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit. (Val)

Penulis: Valdy Suak
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help