Pegawai Non-ASN Wajib Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

"Para PPNPN harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sebab selama ini belum seluruhnya masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,"

Pegawai Non-ASN Wajib Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Sosialisasi dan evaluasi cakupan kepesertaan sosial ketenagakerjaan bagi PPNPN non ASN/Honorer dan Aparatur Desa Sepl-Provinsi Sulut di Aston Manado Hotel, Selasa (24/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negari (PPNPN) non ASN/Honorer dan aparatur desa harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004.

"Para PPNPN harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sebab selama ini belum seluruhnya masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujar Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sulut, Asri Basir dalam sosialisasi dan evaluasi cakupan kepesertaan sosial ketenagakerjaan bagi PPNPN non ASN/Honorer dan Aparatur Desa Sepl-Provinsi Sulut di Aston Manado Hotel, Selasa (24/10/2017).

Basir menambahkan ada begitu banyak pegawai non ASN yang berada di pemerintahan 15 kabupaten dan kota di Sulut, mulai tenaga honorer, guru honorer, petugas kebersihan, pegawai di kelurahan dan desa.

Untuk tahap awal pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pemerintah daerah, dan nantinya mungkin akan dianggarkan dalam APBD.

Namun saat ini sudah ada beberapa kabupaten dan kota yang menjamin tenaga kerja non ASN agar mendapatkan perlindungan. Seperti Kota Tomohon, Minahasa dan Minahasa Tenggara.

Untuk iurannya para pegawai tersebut hanya membayar iuran sebesar Rp16.800 per bulan akan dijamin Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Kepala Dinas Tenaga Kerjaan dan Transmigrasi, Enny Tumondo mengungkapkan pihaknya saat ini bukan hanya mendorong karyawan perusahaan yang masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tapi juga Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negari (PPNPN).

"Oleh karena itu sosialisasi harus terus dilakukan," ungkapnya. 

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved