Maskapai Penerbangan Sambut Positif Perubahan Tiket Ekonomi

Maskapai penerbangan menyambut baik perubahan batas bawah tiket pesawat kelas ekonomi di Indonesia.

Maskapai Penerbangan Sambut Positif Perubahan Tiket Ekonomi
DOK CITILINK
Airbus A320 milik Citilink. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Maskapai penerbangan menyambut baik perubahan batas bawah tiket pesawat kelas ekonomi di Indonesia. Hal ini akan meningkatkan bisnis penerbanhan di Indonesia, termasuk di Sulawesi Utara (Sulut).

Vice President Citilink Indonesia, Benny S Butarbutar mengungkapkan apa yang dilakukan pemerintah akan berdampak positif bagi dunia penerbangan. "Citilink sebagai maskapai milik pemerintah meyakini akan berdampak positif bagi dunia penerbangan di Indonesia," ujarnya, Selasa (24/10/2017).

Menurut dia, usulan dari Indonesia National Air Carriers Association atau (INACA) merupakan usulan disampaikan oleh asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia yang mengetahui kondisi, situasi yang dihadapi dan harapannya kepada pemerintah.

Namun demikisn usulan yang masih akan dikaji oleh pemerintah melalui kementerian Perhubungan sehingga keputusan sepenuhnya merupakan kewenangan dari pihak regulator selaku pembina dunia aviasi nasional.

Usulan perubahan tarif tiket ekonomi tersebut sebagai upaya untuk membuat atmosfir industri penerbangan jauh lebih sehat dan kondusif.

"Namun apapun keputusan nantinya, Citilink yakin Kementerian Perhubungan memberikan perhatian yang serius dalam upayanya memenuhi iklim bisnis penerbangan agar semakin baik lagi," ungkapnya.

Sedangkan District Manager Sriwijaya Air Manado, Ahmad Trenggono mengatakan rencana perubahan tarif batas bawah tiket ekonomi tersebut pasti dampaknya ke maskapai sendiri bisa meningkatkan pendapatan. "Asalkan semua operator menerapkannya," ungkapnya.

Hal ini karena jika ada yang tidak menerapkannya akan mengakibatkan persaingan tidak sehat.

Terpisah, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulawesi Utara (Sulut), Aldy Lumingkewas mengatakan rencana pemerintah menaikkan tarif batas bawah pada tiket pesawat kelas ekonomi nantinya berdampak pada daya beli masyarakat.

Namun jika nantinya kenaikam cukup signifikan akan menurunkan jumlah penumpang yang menggunakan pesawat.

Namun demikian pihaknya akan terus memantau dan mengawasi semua yang berhubungan dengan konsumen. "Oleh karena itu jangan sampai merugikan konsume," ungkapnya.(erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help