Barack Obama Kembali ke Dunia Politik

Barack Obama kembali ke dunia politik untuk pertama kali setelah selama beberapa bulan "menghilang"

Barack Obama Kembali ke Dunia Politik
Barack Obama 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Mantan Presiden AS Barack Obama kembali ke dunia politik untuk pertama kali setelah selama beberapa bulan "menghilang" dan menghindari konfrontasi langsung dengan Presiden Donald Trump.

Pria berusia 56 tahun itu dijadwalkan hadir dalam kampanye kandidat gubernur dari Partai Demokrat di New Jersey dan Virginia, Kamis (19/10/2017).

Warga di kedua negara bagian itu akan memberikan suara dalam pemilihan gubernur pada 7 November mendatang, setahun setelah Donald Trump mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden.

Pertarungan ini bisa menjadi indikator penting terkait sentimen pemilih menjelang pemilihan sela pada 2018, yang akan menjadi ujian Trump dan Partai Republik.

"Ada dua pemilihan besar tahun ini yaitu pemilihan gubernur New Jersey dan Virginia," kata pakar ilmu politik Profesor Larry Sabato.

Sejauh ini belum diketahui hal apa yang akan disampaikan Obama dalam kedua kampanye itu.

Sebab, sejak meninggalkan Gedung Putih pada 20 Januari lalu, Obama menjauhkan diri dari hiruk pikuk dunia politik.

Sementara itu, selama sembilan bulan pertamanya, Trump secara metodis menyingkirkan berbagai kebijakan kunci pemerintahan Obama.

Di sisi lain, Obama setelah berlibur selama tiga bulan mulai menuliskan memoarnya, tak muncul ke publik, dan nyaris tak pernah diwawancarai media.

Beberapa kali Obama bersuara ketika beberapa isu nasional dianggap sangat penting seperti imigrasi, layanan kesehatan, dan perubahan iklim.

Namun, presiden ke-44 AS itu nampaknya tak bisa terus berdiam diri , apalagi Trump berulang kali melontarkan kecaman terhadap dirinya.(KOMPAS.COM)

Penulis: Agung Nugraha
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved