Perbankan Segera Turunkan Bunga Kredit Pembiayaan

Kabar gembira bagi pelaku usaha. Kebijakan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan mulai membawa angin perubahan.

Perbankan Segera Turunkan Bunga Kredit Pembiayaan
CNBC.com
uang dollar AS 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar gembira bagi pelaku usaha. Kebijakan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan mulai membawa angin perubahan dalam peta bisnis di sektor jasa keuangan. Bukan hanya perbankan yang mulai mengatur strategi penyaluran kreditnya, sejumlah perusahaan pembiayaan turut melakukan langkah serupa.

Demi mendongkrak pembiayaannya, beberapa perusahaan pembiayaan (multifinance) bakal mengubah strategi bisnis. Contohnya PT Mandiri Tunas Finance (MTF) berencana memangkas suku bunga pembiayaannya pada awal 2018. Langkah ini dilakukan anak usaha Bank Mandiri sejalan dengan kondisi pasar dan tren penurunan bunga perbankan.

Harjanto Tjitohardjojo, Direktur MTF, mengatakan, pihaknya akan menurunkan bunga kredit pada awal tahun 2018. Menurutnya, penyesuaian suku bunga multifinance membutuhkan waktu sekitar enam bulan setelah bank sentral menggunting bunga acuannya. 

Selama ini, sebagian besar pendanaan MTF memang berasal dari bank. Asal tahu saja, 70% sumber pendanaan MTF dari joint financing dengan Bank Mandiri. Sisanya berasal dari pinjaman bilateral dan offshore. “Penurunan bunga BI baik untuk jangka panjang. Tapi kami tidak bisa langsung menyesuaikan,” kata Harjanto kepada Tabloid KONTAN.

Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance, mengungkapkan, perusahaan pembiayaan memang sangat bergantung pada pinjaman bank untuk memenuhi kebutuhan pendanaannya. Namun, suku bunga pembiayaan ditentukan oleh sejumlah faktor, antara lain biaya pendanaan dan biaya operasional. 

Dalam menentukan bunga, perusahaan pembiayaan juga melihat mekanisme persaingan pasar di industri pembiayaan. “Dengan demikian, suku bunga bank bukan satu-satunya faktor penentu penurunan bunga pembiayaan,” kata Hafid kepada Tabloid KONTAN.

Namun begitu, Hafid berharap, penurunan bunga acuan BI dapat terus menurunkan biaya pendanaan, sehingga dapat membantu bisnis perusahaan pembiayaan seiring dengan suku bunga yang makin kompetitif. Saat ini, suku bunga di Adira Finance untuk pembiayaan kendaraan roda empat berkisar 8%-12%. Sementara untuk pembiayaan kendaraan roda dua sebesar 15%-19% flat.

Bunga sudah turun

Harjanto menambahkan, sebenarnya, saat ini bunga kredit perusahaan pembiayaan sudah terbilang rendah. Bunga pembiayaan MTF berkisar 3,25% hingga 5%. Di sepanjang tahun ini misalnya, MTF telah menurunkan bunga kredit 25 basis poin. “Untuk pembiayaan kendaraan bermotor tenor satu tahun, turun dari 3,5% menjadi 3,25%,” imbuh dia.

Penurunan bunga pembiayaan sebenarnya juga telah dilakukan oleh PT BCA Finance sejak Agustus 2017 silam. Roni Haslim, Direktur Utama BCA Finance mengklaim, pihaknya telah menurunkan bunga pembiayaan sejak pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di BSD City, Tangerang, Banten. 

Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help