TribunManado/
Home »

Opini

Pemilihan Pelsus dan BIPRA Sukses, Selamat Melayani

Pemilihan pelayan khusus (Pelsus), penatua dan syamas, di seluruh kolom di jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) berlangsung Jumat (13/10)

Pemilihan Pelsus dan BIPRA Sukses, Selamat Melayani
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Suasana pemilihan pelsus di Jemaat GMIM Syalom Pakuure, pada Jumat (14/10/2017) 

Pemilihan pelayan khusus (Pelsus), penatua dan syamas, di seluruh kolom di jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) berlangsung Jumat (13/10), dan pada Minggu (15/10) berlangsung pemilihan kategorial Bapak, Ibu, Pemuda, Remaja dan Anak.
Meski masih dibarengi dengan pro dan kontra terhadap syarat pemilihan, utamanya syarat "Cerai Hidup", namun pemilihan berlangsung sukses di seluruh tingkatan jemaat GMIM.
Ketua BPMS Sinode GMIM, Dr HWB Sumakul memastikan, pihaknya tidak akan mentolerir hal-hal yang melanggar juklak. Jika pelaksanaan pemilihan tidak sesuai ketentuan akan didiskualifikasi. Artinya proses di Sinode tidak akan dilayani. Yang bersangkutan tidak akan diteguhkan.
Para Penatua dan Syamas yang terpilih harus rendah hati dan siap berkorban.
Sumakul juga menegaskan, secara teologis alkitabiah semua anggota jemaat adalah pelayan Tuhan dan ada untuk melayani. Semua sama di hadapan Tuhan dan semua punya kualitas sama di hadapan Tuhan.
Pemilihan Pelsus layaknya pemilihan legislatif, sempat terjadi kejar mengejar suara. Pemilihan pun kerap kali harus berlangsung dua putaran. Bahkan ada yang sampai diundi. Ketegangan mencair kala sana penatua dan syamas sudah diperoleh. Calon yang terpilih dan yang kalah berjabat tangan, berpelukan, diiringi tepukan tangan jemaat.
Beberapa Pelsus terpilih merupakan kepala daerah, Wali Kota Bitung Max J Lomban terpilih menjadi pelayan khusus (Pelsus) sebagai penatua Kolom 23 Jemaat GMIM Sentrum Bitung wilayah Bitung I,
Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak terpilih sebagai Ketua Komisi Pria Kaum Bapa (P/KB) Jemaat GMIM Maranatha Paslaten, Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dipercayakan menjadi Ketua Remaja Bukit Zaitun Bumi Walian Baru.
Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelum pelaksanaan, mulai dari dari tingkat jemaat hingga kolom-kolom.
Satu di antaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tak seperti biasa, ada TPS yang dibuat menarik dan unik. Seperti yang terlihat di Kolom 11 Jemaat GMIM Efrata Ratatotok. TPS yang biasanya hanya dilengkapi dengan kardus berbungkus kertas putih.
Tapi di kolom tersebut TPS dibuat menyerupai hiasan ulang tahun. Balon warna-warni menghiasi dinding-dinding TPS, pita-pita dilengkapi mengelilingi balon-balon yang menjadi penghias. Meja pun dipasang kain warna-warni begitu juga dengan kotak suara, tampak dililit pita merah.
Jemaat juga terlihat sangat antusias, termasuk para lansia. Di tengah usia senja para lansia ini terlihat semangat menyalurkan hak pilih.
Pemilihan telah usai dan menghasikan nama Penatua dan Syamas serta Penatua Kategorial BIPRA untuk diteguhkan. Selamat kepada mereka yang terpilih dan selamat untuk melayani. (*)

Penulis: David_Kusuma
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help