TribunManado/
Home »

News

» Sains

Kilas Balik

Kilas Balik - Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Tanggal 14 Oktober

Apa saja peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 14 Oktober pada masa silam ? Simak di sini.

Kilas Balik - Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Tanggal 14 Oktober
Tribunnews
Sejarah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejarah merupakan kejadian yang terjadi di masa lampau.

Sejarah yang dalam bahasa Yunani disebut Historia memiliki arti penyelidikan atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yang mendalam.

Tentunya tak semua kejadian lampau dikenang oleh manusia.

Namun ada beberapa peristiwa besar yang akan dikenang sebagai sejarah oleh manusia.

Apa saja peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 14 Oktober pada masa silam ?

Simak di sini.

2003: China meluncurkan pesawat ruang angkasa berawak pertamanya, dengan astronot Yang Liwei di dalamnya; pesawat itu mengorbit bumi 14 kali dan mendarat di padang rumput Mongolia pada tanggal 15 Oktober.

1964: Pemimpin hak-hak sipil di Amerika Martin Luther King, Jr, dinobatkan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, Elie Wiesel, korban Holocaust, memenangkan hadiah pada hari yang sama pada tahun 1986, dan pejuang demokrasi Burma, Aung San Suu Kyi, menang pada hari yang sama pada tahun 1991.

1947: Kapten Angkatan Udara AS, Chuck Yeager, menjadi manusia pertama yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara saat ia memecahkan hambatan suara (1066 km/jam) pada ketinggian 12.000 meter di pesawat penelitian Bell X-1.

 
1944: Jenderal brillian Jerman, Erwin Rommel, melakukan bunuh diri, terlibat dalam komplotan untuk membunuh Adolf Hitler, dia diberi pilihan untuk bunuh diri, yang akan dilaporkan sebagai kematian akibat luka yang diterimanya sebelumnya, atau eksekusi karena pengkhianatan.

1943: Sekelompok narapidana Yahudi di kamp pemusnahan Jerman di Sobibor, Polandia, memberontak dan membunuh sejumlah penjaga, lebih dari 300 tahanan melarikan diri, kebanyakan dari mereka diburu dan dibunuh, tetapi sekitar 50 orang berhasil lolos.

1939: Enam minggu menuju Perang Dunia II, U-boat Jerman menembus pertahanan Scapa Flow, pangkalan angkatan laut Inggris di Kepulauan Orkney, dan menenggelamkan kapal perang Royal Oak; 833 nyawa melayang.

1933: Pemerintah Nazi mengumumkan penarikan Jerman dari Perlucutan Konferensi Jenewa dan dari Liga Bangsa-Bangsa.

1066: William I, duke Normandia, mengalahkan Inggris dalam Pertempuran Hastings dan memulai Penaklukan Norman atas Inggris.(TribunManado/Try)

Penulis: Try Sutrisno
Editor: Try Sutrisno
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help