TribunManado/

Peringati Hari Aksara Internasional, Pemda Bolmut Gelar Lomba

Gerakan ini merupakan perwujudan salah satu amanat dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Peringati Hari Aksara Internasional, Pemda Bolmut Gelar Lomba
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh membaca Alquran 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional ke-52 Tahun 2017, Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh membuka kegiatan lomba bagi Warga dan ASN di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF-SKB) yang bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam sambutannya, Bupati Depri menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang diharapkan dapat memperkuat semangat dan komitmen dari seluruh komponen pengajar maupun masyarakat dalam memberantas buta huruf di Kabupaten Bolmut.

Hari Aksara Internasional sebagai gerakan pemberantasan buta aksara dicetuskan 52 tahun lalu pada kongres Menteri-Menteri Pendidikan se dunia yang digelar di Teheran.

Bagi bangsa Indonesia, gerakan ini merupakan perwujudan salah satu amanat dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan Bangsa. Untuk itu, Bupati Depri mendukung upaya-upaya untuk terus meningkatkan penyelenggaraan pendidikan nonformal di Daerah.

Pemberantasan buta aksara diharapkan bisa menjadi tanggungjawab bersama. Setiap orang bisa berkontribusi dengan langkah-langkah kongkrit yang dimulai dari lingkungan keluarga.

Selain itu, memberantas buta aksara dapat dilakukan dengan melestarikan budaya membaca dan menulis lewat pelaskanaan kegiatan atau perlombaan baca tulis oleh warga sekolah yang dapat diakses masyarakat umum.

Warga juga bisa berperan aktif menghidupkan perpustakaan dengan ikut bertukar bacaan, mengadakan kegiatan literasi bersama siswa dan guru di sekolah.

“Marilah kita teruskan komitmen dan upaya bersama untuk membebaskan daerah dan Bangsa dari buta aksara”.

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help