TribunManado/

News Analysis - Rafli Pinasang: Negara Wajib Melindungi Warga Asing

SESUAI Undang‑undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, orang asing yang masuk ke Indonesia harus memiliki dokumen

News Analysis - Rafli Pinasang: Negara Wajib Melindungi Warga Asing
TRIBUNMANADO/VALDY SUAK
Abk kapal warga negara Filipina sedang mengangkat barang ke dalam kapal 

Dr Rafli Pinasang

Dosen Fakultas Hukum Unsrat

SESUAI Undang‑undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, orang asing yang masuk ke Indonesia harus memiliki dokumen seperti pasport dan visa. Dokumen itu harus diketahui oleh imigrasi, sehingga warga negara asing itu keberadaannya terus terpantau.

Jika kedatangannya ke Indonesia hanya kunjungan, maka ketika habis waktu harus segera kembali ke negara asalnya.  Tapi, jika kunjungannya untuk kerja, maka harus juga ada dokumen kerja.Tak ada dokumen berarti harus keluar dari Indonesia.

Artinya setiap WNA yang melakukan kunjungan ke Indonesia harus dilengkapi dokumen. Apalagi kalau turis tersebut bermaksud untuk kerja di Indonesia dokumennya harus menyatakan maksud dan tujuan kedatangannya. Jika administrasinya tak lengkap maka di deportasi.

Imigrasi harus mengambil tindakan hukum tegas sesuai Undang‑Undang Nomor 6 Tahun 2011. Mereka bisa saja menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) asal dokumen pendukungnya lengkap.

Sulitnya jika mereka dulunya warga Filipina, kemudian karena kondisi tertentu mereka secara administrasi kehilangan kewarganegaraan dari negera asal mereka.

Dalam kasus ini, negara penerima harus melindungi WNA  itu, sesuai hasil konvensi internasional tahun 1951 dan melalui PBB dalam hal ini UNHCR yang berwenang mengurus WNA tersebut.

Indonesia menurut konvensi dapat memberikan hak‑hak mereka untuk tinggal tetap tidak wajib. Hanya secara kemanusian saja dapat menampung WNA untuk diberikan pekerjaan yang layak hidup.(war)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help