TribunManado/

Masyarakat Sesalkan Komisi Yudisial Tak Sekuat Kewenangan KPK

“Bagaimana jika semua rekomendasi KY tidak ditindaklanjuti? Padahal sudah jadi rahasia umum seperti apa oknum-oknum hakim,”

Masyarakat Sesalkan Komisi Yudisial Tak Sekuat Kewenangan KPK
Istimewa
Lokakarya Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Laporan Dugaan Pelanggaran KEPPH di Hotel Quality Manado, Rabu (11/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Fernando Lumowa

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Masyarakat meminta pemerintah memberi wewenang lebih kepada Komisi Yudisial agar upaya mewujudkan peradilan bersih bisa tercapai. Selama ini, KY ibarat singa yang dirantai. Kendati buas tapi tak bisa memangsa.

Praktisi hukum dari Minahasa, Neny Rahmawati menilai, KY belum dikenal masyarakat.

Ia menilai, KY sebaiknya memperbanyak sosialisasi di masyarakat, khususnya pelajar dan generasi muda.

Neny mempersoalkan kewenangan KY yang sangat terbatas, yakni hanya sampai pada memproses pengaduan dan merekomendasikan siding MKH.

“Bagaimana jika semua rekomendasi KY tidak ditindaklanjuti? Padahal sudah jadi rahasia umum seperti apa oknum-oknum hakim,” kata Neny.

Pendapat serupa diutarakan Advokad Agus Simanjuntak yang menyayangkan kewenangan KY tak sebesar KPK.

Agus mempertanyakan kenapa hanya Komisi Pemberantasan Korupsi yang popular di masyarakat. Menurut dia, KPK lebih greget karena punya kewenangan yang begitu besar.

Ia meminta agar KY berupaya meminta pemerintah memberi wewenang lebih besar. Lebih khusus, bagaimana KY bisa melakukan penyidikan bukan cuma verifikasi, klarifikasi, pleno dan berakhir di rekomendasi.

Dengan adanya wewenang menyelidiki, KY bisa mengatasi persoalan acap kali pengaduan tanpa bukti-bukti memadai atau petunjuk awal.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help