TribunManado/

Kejari-Pemkot Tomohon Gelar Pemeriksaan IVA dan Sadanis

Eman menjelaskan target yang harus dicapai dalam pemeriksaan IVA di Kota Tomohon tahun 2017 adalah 30 persen dari 14.540 atau berkisar 4.362 orang.

Kejari-Pemkot Tomohon Gelar Pemeriksaan IVA dan Sadanis
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Kajati Sulut Mangihut Sinaga dan Wali Kota Tomohon Jimmy Eman hadir dalam kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetate (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) di Aula JMS kompleks Kantor Kajari Tomohon, Rabu (11/10/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Rini, warga Tomohon yang jadi peserta yang memeriksa organ intimnya di lokasi hall Kejari Tomohon, pada Rabu (11/10/2017).

Wanita berusia 35 tahun ini bersyukur bisa memeriksa secara gratis deteksi sejak dini kanker serviks dan payudara.

"Terima kasih buat pemerintah sudah mengadakan aksi sosial seperti ini. Ini sangat membantu kami untuk memeriksa kesehatan," kata dia.

Kejaksaan Negeri Tomohon bersama Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetate (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) di Aula JMS kompleks Kantor Kajari Tomohon, Rabu (11/10/2017).

Wali Kota, Jimmy F Eman mengungkapkan kegiatan ini sangat penting untuk menunjang program Nasional menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker leher rahim dan kanker payudara.

Selain itu merupakan bagian dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat dan berkualitas sesuai dengan tercapainya Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia serta dalam rangka deteksi dini yakni wujudkan wanita Indonesia bebas kanker sebagai program Nasional dari Ibu Negara Iriana Joko widodo.

Eman menjelaskan target yang harus dicapai dalam pemeriksaan IVA di Kota Tomohon tahun 2017 adalah 30 persen dari 14.540 atau berkisar 4.362 orang.

"Namun sampai bulan september, baru 97 orang (2,2 persen) yang diperiksa dan ditemukan 12 orang dengan positif IVA (12,4 persen)," beber Eman didampingi Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan.

"Kepada para perempuan di Kota Tomohon, kami berharap agar dapat aktif memeriksakan diri sejak dini agar terhindar dari penyakit kanker leher rahim dan payudara," kata Eman.

Sementara itu Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Linda Mangihut Sinaga menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini akan kanker leher rahim dan payudara.

"Saya harap dengan adanya kegiatan sekaligus penjelasan akan penyakit ini, perempuan di Kota Tomohon dan pada umumnya akan terbebas dari penyakit ini," ujarnya.

"Penyakit ini memang sangat menakutkan, tetapi kalau secepatnya ditangani pasti akan memperoleh kesembuhan, apresiasi juga kepada pihak pemkot didalamnya dinas kesehatan serta unsur terkait yang terlibat dalam kegiatan yang disertai bakti sosial pencegahan dini penyakit kanker leher rahim dan payudara," tambahnya.

Kajari Kota Tomohon, Muhammad Noor, menguraikan selain kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis Ikatan adhyaksa dharmakarini daerah Tomohon juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB gratis dan pelayanan hukum bagi ibu-ibu masyarakat Kota Tomohon.

Kesempatan itu dilakukan sosialisasi tentang penyakit kanker leher rahim dan payudara oleh Ketua IDI Tomohon, dr Nova Wulur kepada ratusan ibu dari 44 kelurahan didalamnya para kader kesehatan di Kota Tomohon.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help