TribunManado/

Hanya Dua Bangunan Sarang Burung Walet yang Miliki Izin di Boltim

"Beberapa tempat ini, kami sudah berikan arahan untuk mengurus izin membangun IMB,"

Hanya Dua Bangunan Sarang Burung Walet yang Miliki Izin di Boltim
net
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN -  Dari jumlah Bangun Burung walet di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Hanya dua tempat yang memiliki izin membangunan (IMB).

Bangunan tersebut terdapat di desa Kotabunan, atas nama Ko Seng dan Bongkudai dr Malingkas. Selain dari kedua tempat ini belum memiliki izin seperti Bukaka, Jiko Molobog, Nuangan dan Buyandi.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Boltim, Suharto Paputungan mengatakan, daerah Bukaka sementara dalam pengerjaan, namun sudah dihentikan aktivitas, sementara Nuangan sudah mulai beroperasi, tapi belum memiliki izin.

Sementara Jiko Molobog dikelola oleh masyarakat dan itu terbentuk sendiri oleh alam yakni dalam gua, selanjutnya di Buyandi, bangunannya terbuat dari papan.

"Beberapa tempat ini, kami sudah berikan arahan untuk mengurus izin membangun IMB. Kendala utama dari proses pengurusan izin yakni, posisi bangunan tak sesuai aturan,"ujar Suharto Paputungan.

Kata Suharto, kedepan bangunan sarang walet akan ditertibkan pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Maka diingatkan kembali adanya kerjasama antara perangkat desa.

Sangadi Bukaka Arfan Ibrahim mengatakan, bangunan yang ada memang tidak memiliki izin, namun sementara diurus.

"Untuk lokasi bangunan sarang walet di Bukaka, berada di hutan pengunaan lainnya (HPL). Saya tahu pemilik sementara melakukan pengurusan izin," ujar Arfan Ibrahim. 

Penulis: Vendi Lera
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help