TribunManado/

Citizen Journalism: Jadikan Eceng Gondok Pupuk Organik

ECENG gondok di Danau Tondano memang menjadi hama, tapi jika dikelola dengan benar, eceng gondok bisa membawa manfaat.

Citizen Journalism: Jadikan Eceng Gondok Pupuk Organik
Ria Mailangkay, Pengusaha dan Pemerhati Lingkungan 

Ria Mailangkay, Pengusaha dan Pemerhati Lingkungan

ECENG gondok di Danau Tondano memang menjadi hama, tapi jika dikelola dengan benar, eceng gondok bisa membawa manfaat. Semua berawal dari keprihatinan saya soal eceng gondok

Saya berpikir bagaimana agar hama ini bisa bermanfaat. Lalu pada tahun 2014 saya mulai dengan pembuatan pupuk organik. Saya mulai  mencacah eceng gondok di Danau Tondano. Kemudian membuat pupuk organik eceng gondok, tapi memang saat itu belum teruji.

Setelah proses yang panjang, CV GHM Farm Tech yang saya pimpin akhirnya memiliki hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM untuk pupuk organik dari eceng gondok. Surat Keputusan Menteri Pertanian pun telah keluar atas pupuk dengan merek Meidy yang telah teruji.

Sejak awal saya sudah enaruh perhatian untuk eceng gondok di Minahasa. Bagaimana agar tanaman  yang dianggap hama di Danau Tondano ini menjadi sesuatu yang berguna. Lalu muncullah ide membuat pupuk organik dari eceng gondok ini.

Perjuangan saya dari dulu, ingin mendapatkan respon positif dari pemerintah. Namun selama ini saya tak dapat respon bagus dari pemerintah daerah Minahasa sendiri. Padahal sebagai pihak swasta, saya ingin turut menyumbang PAD ke daerah.

Saya tak patah arang, hingga akhirnya Bapak Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mendukung penuh program saya membuat pupuk organik dari eceng gondok ini. Saya berterima kasih pada gubernur. Dukungan ini juga yang membuat saya bersemangat mengurus hak paten di kementerian.

Saya berkeinginan ketika pemerintah provinsi mendukungnya secara penuh, masyarakat di sekitar danau bisa diberdayakan. Mereka mendapat alat untuk mencacah eceng gondok dan CV GHM Farm Tech yang membeli hasil cacahan eceng gondok tersebut.

Lalu perusahaan membuat pupuk organik dan pupuk itu pula yang dibeli pemerintah untuk pertanian. Ada saling keterikatan antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Daripada beli di luar, lebih baik pakai milik anak daerah. Masyarakat juga dapat untung.

Sekarang saya lihat banyak eceng gondok yang dibiarkan membusuk, sayang sekali. Padahal itu bisa jadi pupuk untuk berbagai tanaman. Eceng gondok itu bukan sampah, itu bisa menjadi uang.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help