TribunManado/

Alfi Usup Sesalkan PT Manado Tak Tahan Marlina Siahaan

Karena Majelis Hakim di PN Manado telah menyelesaikan proses sidang Marlina dengan menjatuhkan vonis 5 tahun penjara

Alfi Usup Sesalkan PT Manado Tak Tahan Marlina Siahaan
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Mantan Bupati Bolaang Mongondow, Marlina Moha Siahaan (MMS) tampak lemah saat duduk di kursi pesakitan, Kamis (4/1/2016). 

TRIBUNMANADO.CO.ID-PERKARA Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menimpa Aditya 'Didi' Moha (ADM), personel DPR RI utusan Sulut, menyembulkan kembali ke permukaan kasus korupsi Tunjangan Pendapatan Aparatur Pemerintahan Desa (TPAPD) yang menyeret sang Bunda, Marlina Moha Siahaan.

Ini semakin hangat menjadi perbincangan setelah Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Manado, yakni Sudiwardono ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terjaring kasus suap terkait perkara banding Marlina yang tengah berproses di PT Manado, membuat pihak Pengadilan Negeri (PN) Manado ikut angkat suara.

Kasus Marlina sudah  bukan ranah PN Manado lagi. Karena Majelis Hakim di PN Manado telah menyelesaikan proses sidang Marlina dengan menjatuhkan vonis 5 tahun penjara dan jelas dalam amar putusan yang telah dibacakan sejak tanggal 19 Juli 2017 tersebut, tertulis perintah penahanan terhadap terdakwa. 

Demikian pula yang dijelaskan Ketua PN Manado Djaniko Girsang melalui Humas Alfi Usup, Senin (9/10/), saat disambangi di ruang kerjanya. 

Kata Alfi, perkara Marlina teregister di PN Manado dengan nomor 49 Pidsus Tipikor PN Manado. Marlina dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana. Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara 5 tahun dan denda 200 juta, apabila tidak bayar denda diganti kurungan badan dua bulan.

"Memerintahkan agar terdakwa ditahan lalu menghukum terdakwa untuk membayar uang pengganti Rp 1,2 miliar apabila tidak mampu bayar selama 2 bulan maka harta disita dan dilelang untuk mengganti uang pengganti tersebut," jelas Alfi.

Alfi juga menyesalkan kenapa PT Manado justru tidak mengeluarkan surat penahanan terhadap MMS.

"Kalau saja ditahan mungkin tidak akan ada kasus baru, tapi semuanya sudah terjadi dan kami sepenuhnya terbuka jika memang ada berkas yang diperlukan," tandasnya.(nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help