TribunManado/

PDIP Jajaki Koalisi dengan PKPI dan Hanura di Talaud

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus menjajaki koalisi dengan Partai Hanura dan PKPI di Kabupaten Talaud.

PDIP Jajaki Koalisi dengan PKPI dan Hanura di Talaud
PRFm
Ilustrasi 

 Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada


TRIBUNMANADO.CO.ID—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus menjajaki koalisi dengan Partai Hanura dan PKPI di Kabupaten Talaud. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pengusungan pasangan calon bupati dan wakil bupati, pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 2018 di Kabupaten Talaud.

‘’PDIP tak bisa mengusung calon sendiri di Talaud, karena hanya memiliki 3 kursi, jadi sesuai perintah undang-undang harus berkoalisi. Sebab, untuk bisa mengusung calon di Talaud minimal harus memiliki 4 kursi,’’ kata Lucky Senduk, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Sulut, Minggu (8/10).

Ia mengatakan, koalisi yang sementara dijajaki PDIP yakni bersama Partai Hanura dan PKPI yang memiliki masing-masing 2 kursi. ‘’Jadi, pengusungan calon nanti akan dilakukan oleh PDIP dengan partai yang akan berkoalisi dengan melihat hasil survey.

Sebab, PDIP menargetkan menang di pilkada Talaud,’’ jelasnya.

Lucky yang diangkat menjadi Ketua PDIP Talaud menggantikan Sri Wahyuni Manalip mengaku, banyak bakal calon yang sementara di survey  mulai dari pengurus cabang hingga di daerah. ‘’Ada dua mekanisme yang akan dilakukan PDIP untuk menjaring calon, yakni bisa lewat mekanisme tertutup atau terbuka terbatas.

Tertutup artinya, hanya satu calon bupati dan wakil yang akan diundang untuk mengikuti penjaringan. Hasilnya akan diberitahu ke partai koalisi, jika menerima akan langsung diusung. Tapi, jika mekanismenya terbuka terbatas, berarti ada lebih dari satu calon yang akan diundang,’’ ujarnya.

Saat ditanya apakah PDIP akan mengusung Elly Lasut sebagai calon bupati, Lucky menegaskan belum ada keputusannya. Sebab, proses penjaringan akan dilakukan PDIP setelah rapat perdana bersama pengurus di Talaud pada 12 Oktober nanti setelah ia diangkat menjadi ketua partai.

‘’Dari PDIP nanti akan melihat komunikasi dengan calon yang hendak diusung PDIP seperti apa. Tapi, yang pasti calon yang diusung PDIP akan perpatokan dari hasil survey yang dilakukan partai,’’ tukasnya. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help