TribunManado/

Kena Pelebaran Jalan, Ganti Rugi dari Pemkab Bolmong Harus Ada IMB

Pemkab Bolmong pun memberi kesempatan pada warga agar segera membuat IMB.

Kena Pelebaran Jalan, Ganti Rugi dari Pemkab Bolmong Harus Ada IMB
net
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Banyak rumah warga di Lolak yang akan terkena dampak dari pelebaran jalan di Ibukota Bolaang Mongondow ini. Namun warga yang akan dapat penggantian lahan harus ada Izin Mendidirkan Bangunan.

Namun dari informasi yang diterima Tribun, banyak rumah di jalur Kaiya hingga Pinogaluman tak memiliki IMB. Pemkab Bolmong pun memberi kesempatan pada warga agar segera membuat IMB.

Sonda Simbala, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat mengatakan pelebaran jalan ini memang harus dipersiapkan sematang mungkin. Ini apalagi soal lahan.

"Harus ada aturan yang jelas soal ini. Supaya masing-masing tak dirugikan. Karena ini masalah pemukiman warga. Bukan hal sepele," ujarnya Jumat akhir pekan lalu.

Sonda mencontohkan, ada bangunan rumah yang menghambat akses masuk jalan bandara. Yang seharusnya tepat berhadapan dengan kantor bupati, akhirnya harus digeser.

"Bangunan itu tak ada IMBnya. Makanya jangan sampai hal ini terjadi untuk pelebaran jalan di Lolak. Saat ini masih sementara persiapan untuk segera action," jelasnya.

Potabuga, salah seorang warga yang tinggal di dekat kantor bupati mengakui belum punya IMB. Rumahnya yang di pinggir jalan raya diperkirakan akan kena pelebaran jalan. 

Ia pun mengaku akan membuat IMB jika harus begitu. "Harus bikin, nanti tak dapat penggantian pelebaran jalan. Selama ini memang belum pernah buat IMB," ujarnya.

Ia sendiri setuju dengan pelebaran jalan di Lolak. Menurutnya akan lebih bagus jika demikian. "Apalagi mau ada bandara. Pasti di sini lebih ramai nanti. Jalannya jadi lebih bagus," ucapnya.

Pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas pemerintahan Bupati Yasti Sopredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. Terutama untuk pelebaran jalan di ibukota kabupaten, Lolak. 

Pelebaran dari Kaiya ke Maelang dengan lebar 30 meter. Akan ada dua jalur di jalan ini nantinya. Bupati menilai melihat kondisi Lolak yang sangat jauh berbeda dengan ibukota kabupaten lainnya. Sangat tertinggal. 

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help