TribunManado/

Hasil Survei, Elektabilitas James Sumendap Diklaim Capai 80 Persen di Pilkada Mitra

"Dengan menggunakan hasil dari 800 narasumber. Kita survei menggunakan motode khusus yang tak bisa diceritakan,"

Hasil Survei, Elektabilitas James Sumendap Diklaim Capai 80 Persen di Pilkada Mitra
James Sumendap 

Laporan Wartawan Tribun Manado Valdy Vieri Suak

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Diam-diam lembaga survei nasional ternama tengah melakukan survei kandidat di Pilkada Minahasa Tenggara (Mitra) 2018.

Selama tiga hari, tim survei melakukan pendataan di 80 titik. "Dengan menggunakan hasil dari 800 narasumber. Kita survei menggunakan motode khusus yang tak bisa diceritakan," ujarnya ketua Koordinator survei di Mitra sembari meminta untuk tidak menulis nama lembaga surveinya.

Meski begitu khusus kepada Tribun Manado ia membocorkan hasil survei di lapangan. "Dari hasil survei kita, incumbent (James Sumendap) masih sangat kuat. Kita dapat di angka 80 persen, untuk elektabilitas saat ini," bebernya.

Dikatakannya untuk survei yang dilakukan tak hanya nama James Sumendap tapi beberapa calon yang juga mencuat.

"Baik dari kalangan politisi, birokrat dan pengusaha. Persentasi nama selain James Sumendap bahkan tak menembus 5 persen," jeaslnya.

Lebih lanjut ia katakan, survei yang dilakukan secara independen. "Survei yang kami lakukan secara independen," akunya.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang membuat petahana semakin di atas.

"Mulai dari kedekatan dengan partai-partai besar yang memiliki hak mengusung. Serta calon lain yang terlihat tak mau tampil, baik di media massa maupun ke publik yang secara terang-terangan menyatakan akan melawan petahana," akunya.

Hal itu menurutnya membuat warga memilih petahana. "Tak hanya itu, ada juga program petahana yang menyasar individu membuat elektabilitas kian naik," ungkapnya.

Meski begitu ia mengaku tak serta-merta survei meningkat memastikan petahana menang.

"Waktu masih ada beberapa bulan, elektabilitas bisa berubah kapan saja. Itu tergantung petahana memainkan strategi baik di kalangan bawa dan di elit politik. Yang pasti jika Pilkada besok, James Sumendap menang dari hasil survei kita," jelasnya.

Taufik Tumbelaka, Pengamat Politik,mengatakan, saat ini petahana tinggal mempertahankan elektabilitas. "Ya harus tau cara mempertahankan dan terus membenahi kekurangan," akunya.

Dari kaca mata pengamat ia juga mengatakan petahana memang terlihat kuat. "Sebab tak ada lawan yang berani muncul dan terang-terangan menyatakan menantang petahana. Lihat saja nuansa Politik Minahasa dan Mitra berbeda, di Mitra adem-adem saja," katanya.

Namun ia mengatakan, bahwa politik banyak menyimpan kejutan. "Ya tapi kita lihat saja nanti, sebab dunia Politik menyimpan banyak kejutan," tandasnya.

Penulis: Valdy Suak
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help