TribunManado/

BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Peserta BPU

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan terus meningkatkan kepesertaan Bukan Penerima Upah (BPU) di Sulawesi Utara

BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Peserta BPU
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan terus meningkatkan kepesertaan Bukan Penerima Upah (BPU) di Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini untuk memenuhi target yang ditetapkan.

"Kami terus berusaha meningkatkan kepesertaan dari BPU di Sulut," ujar  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulut, Asri Basir, Minggu (8/10/2017).

Asri menambahkan pada 2017 menargetkan  peserta dari BPU di Sulut sebesar 22 ribu. Sedangkan jumlah peserta saat ini mencapai 12 ribu peserta terdiri pedagang pasar, pembantu rumah tangga, pedagang pasar, tukang ojek petani, nelayan dan lainnya.

Untuk itu pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan edukasi akan terus kami berikan kepada pekerja bukan penerima upah dan perusahaan yang ada. "Kami optimis target tersebut bisa tercapai," katanya.

Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan, Adiaasah Curmacosasih BPU adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri dan pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima upah. Besar iuran bagi tenaga kerja BPU hanya sebesar Rp16.800 per bulan.

Jika telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, bila meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, akan diberikan santunan sebesar Rp48 juta, ditambah biaya pemakaman Rp3 juta. Sedangkan jika meninggal biasa akan mendapatkan  santunan sebesar Rp24 juta. Santunan tersebut bisa untuk meringankan beban bagi keluarga yang tinggalkan. Santunan tersebut bisa untuk meringankan beban bagi keluarga yang tinggalkan.

Sedangkan jika dalam bekerja terjadi kecelakaan kecelakaanĸ akan dibiayai semua oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk iuran  kepesertaan BPU membayar  Rp16.800 perbulannya. Jumlah tersebut untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).(erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help