TribunManado/

Desa Lobong Sebagai Sentra Produk OVOP

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)

Desa Lobong Sebagai Sentra Produk OVOP
Shutterstock/Viktar Malyshchyts
nanas ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM), dengan menetapkan Desa Lobong sebagai sentra produk One Village One Product (OVOP) dengan produk nanas.

"Kami dukung upaya Pemkab Bolmong untuk pengembangan IKM dengan penetapan Desa Lobong sebagai sentra produk OVOP," ujar Kabid Pembinaan dan Pengembangan IKM Disperindag Sulut Alwy Pontoh, Jumat (6/10/2017).

Untuk itu desa tersebut telah diusulkan menjadi Produk OVOP Indonesia di Kementerian Perindustrian. "Hal ini diharapkan menjadi inspirasi bagi daerah lain," ungkapnya.

Kepala Seksi Pembinaan IKM Franky Legi mengungkapkan Pencanangan Sentra Produk OVOP seperti yang dilakukan oleh Pemda Bolmong merupakan yang pertama di Sulut, ini bisa menjadi inspirasi untuk pengembangan di daerah lain.

Kepala Bidang Perindustrian , Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong Aisya Palima ST mengatakan konsep ini merupakan upaya pemda dalam Percepatan Pengembangan Industri Kecil Menegah (IKM)serta inovasi untuk memperkuat Program Pengembangan IKM  yang sudah ada. 

"Ini juga merupakan hasil dari Proyek Perubahan dari Diklat PIM III Kabupaten Bolmong Tahun 2017 Pola Kemitraan dengan Badan Diklat Provinsi Sulut. 

OVOP merupakan gerakan masyarakat yang akan meningkatkan kesadaran akan kekayaan sumberdaya alam yang dimiliki oleh Daerah, meningkatkan ekonomi pelaku usaha di desa, meningkatkan kebanggaan akan diri sendiri dan daerah serta akan mengangkat kekuatan potensi ekonomi yang tersembunyi yang adanya di Desa. "Sehingga diharapkan kedepan akan tumbuh dan berkembang produk-produk unggulan di Desa  yang akan memenuhi kebutuhan produk baik dalam daerah Bol-Mong  maupun luar daerah," katanya. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help