TribunManado/

News Analysis, Kumurur: Rp 23 Miliar Dana Jasa Konsultan Masih Wajar

Besaran dana jasa konsultan banjir yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp 23 Miliar dari total dana bantuan

News Analysis,  Kumurur: Rp 23 Miliar Dana Jasa Konsultan Masih Wajar
TRIBUNMANADO/RIZKY ADRIANSYAH
DR Ir Veronica Adelin Kumurur. 

Veronica Kumurur
Dosen Fakultas Teknik Unsrat Manado

Besaran dana jasa konsultan banjir yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp 23 Miliar dari total dana bantuan yang mencapai Rp 343 Miliar sejak tahun 2015 hingga 2017 masih wajar. Sebab, angkanya masih standard dibawah 10 persen, yakni hanya 6,7 persen saja.

Yang perlu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat sekarang adalah, mengawasi pemanfaatan dana jasa konsultan tersebut, agar tak disalahgunakan untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Dalam penanganan bencana banjir, konsultan yang dilibatkan sangat banyak, tak hanya terbatas pada satu bidang saja untuk menuntaskan persoalan yang ada.

Misalnya, untuk pemindahan warga dari lokasi bencana ke tempat tinggal baru yang lebih aman, disana dibutuhkan jasa psikolog untuk memberikan penguatan kepada masyarakat.

Ada juga jasa konsultan lainnya, seperti dari bidang ekonomi dan lainnya termasuk arsitekture yang biaya konsultasinya berbeda-beda tergantung dari standard asosiasi masing-masing.

Khusus Asosiasi Arsitek Indonesia misalnya. Jasa konsultan untuk proyek yang kelihatan, seperti pembangunan gedung pemerintah atau rumah sakit, khusus perencanaannya biaya konsultasi biasanya dari 2 hingga 5 persen dari total anggaran proyek. Belum lagi untuk pengawasan setelah proyek dilaksanakan, jasa konsultan yang harus dibayar hingga 10 persen dari total dana proyek.

Menjadi konsultan seperti yang pernah saya lakukan di Jakarta, khusus proyek pengembangan kawasan resapan air, tugasnya tidak gampang. Sebab, konsultan harus mengetahui seluruh pelaksanaan proyek dengan detail. Ia harus memastikan seluruh kegiatan proyek berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Jika terjadi kekeliruan dalam pelaksanaan proyek, konsultan harus mampu mengoreksi dan memberikan solusi yang baik. Sebab, jika tak dilaksanakan dengan profesional, maka sertifikatnya bisa dicabut sebagai konsultan. Jika, demikian maka ia tak boleh melaksanan tugasnya sebagai konsultan.
Menjadi konsultan, banyak tugas memang yang harus dilaksanakan, sehingga masih wajar jika mendapat fee jasa pada kisaran 5 hingga 10 persen dari total dana proyek atau bantuan bencana banjir. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help