TribunManado/

Jatah Raskin Pangi Timur Berkurang

Warga Desa Pangi Timur sempat protes dengan jumlah penyaluran beras miskin yang hanya lima kilogram per keluarga.

Jatah Raskin Pangi Timur Berkurang
YOUTUBE
jatah raskin 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Warga Desa Pangi Timur sempat protes dengan jumlah penyaluran beras miskin yang hanya lima kilogram per keluarga. Padahal aturan pemerintah tiap KK seharusnya mendapat 15 kilogram per bulan.

Ristison Tempo, Sangadi Pangi Timur mengonfirmasi kebijakan yang ia ambil ini agar pembangian raskin di desanya merata. Sebab jatah raskin yang ia terima setahun belakangan ini berkurang.

"Desa kami biasanya dapar satu ton tiap bulan, untuk semua warga yang terdaftar. Tapi tahun 2017 ini, sampai dengab triwulan III, berkurang hanya 500 sampai 600 kilogram," ujarnya Jumat (6/10).

Ristison tak mau jika ada warganya yang sebelumnya menerima, lalu tak lagi. Karena adanya pengurangan jatah. Ia pun mengambil kebijakan mengurasi jatah tiap KK.

"Sebenarnya 15 kilogram, saya kurangi jadi lima. Dengan catatan semua keluarga yang terdata, bisa menerima semua. Daripada tidak," ucapnya.

Ia pun berharap agar Pemkab Bolmong memerhatikan jumlah penyaluran raskin di desanya yang telah berkurang. Sementara banyak warga yang membutuhkan raskin ini.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Bagian Ekonomi dan Pembangunan Fadly Mokodongan mengakui belum menerima informasi ini. Katanya seharusnya 15 kilogram.

"Belum ada laporan masuk. Kan aturannya memang harus 15 kilogram. Nanti kita akan cek di lapangan," ucapnya.

Penyaluran raskin terakhir Pemkab Bolmong pada Agustus lalu, untuk jatah triwulan III Ada 17.027 KK penerima raskin dengan total realisasi triwulan III yakni 766.215 kilogram.

Jatah beras miskin Bolmong tahun 2017 ini berkurang 1.892 keluarga. Dari 18.919 keluarga pada tahun 2016, dengan realisasi 283.785 kilogtam per bulan dan 3.405.402 kilogram per tahun.

Menjadi 17.027 keluarga pada tahun 2017 ini dengan realisasi 255.405 per bulan dan 3.064.860 per tahun. Itu artinya Bolmong mengalami peningkatan kesejahteraan. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help