TribunManado/

Porprov Coret Cabor Renang, Tony: Alasan Panitia tak Masuk Akal

Komite olahraga Nasional Indonesia (Koni) dan Dinas pemuda dan olahraga Kota Kotamobagu menyayangkan di coretnya cabang olahraga (cabor) renang

Porprov Coret Cabor Renang, Tony: Alasan Panitia tak Masuk Akal
CHRISTIAN WAYONGKERE
pelepasan kontingen Kotamobagu di ajang porprov 2017 di tondano di Aula Rudis walikota Kamis (5/10) 

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMOBAGU- Komite olahraga Nasional Indonesia (Koni) dan Dinas pemuda dan olahraga Kota Kotamobagu menyayangkan di coretnya cabang olahraga (cabor) renang pada Pekan olahraga provinsi (Porprov) IX di Kabupaten Minahasa Oktober 2017.

"Panitia mencorek cabang renang dengan alasan yang tidak rasional. Tidak ada fasilitas kolam renang di Tondano, padahal ada fasilitas kolam renang di Kampus Unima," tegas Tony Ponongoa ketua KONI sekaligus Kadis Dispora Kota Kotamobagu kepada Tribun Manado, Kamis (5/10).

Tony membeber masalah ini disela pelaksanaan pelepasan atlit Porprov di Aula Rumah Dinas oleh Tatong Bara walikota Kotamobagu.
Dicoretnya cabor Renang, peluang kontingen Porprov Kota Kotamobagu meraup medali di 15 kategori yang bakal diperlombakan.

Bersama dengan kabupaten kota lainnya seperti Kota Tomohon, Manado, Bitung dan Bolmong dalam kesempatan rapat dengan panitia pelaksana serta pengurus KONI provinsi Sulut sudah menawarkan solusi, bagaimana jika venue atau tempat perlombaan digelar di luar Kabupaten Minahasa.

"Kami usulkan buat saja di Tomohon atau Manado karena daerah ini ada fasilitas memadai. Asian games 2018, Indonesia tuan rumah dengan tempat penyelenggaraan di dua daerah Jakarta dan Palembang," sesalnya. 

Sementara itu menurut Tri Akub, satu diantara pelatih renang menyangkan batal digelarnya cabor renang dalam Porprov yang akan dimulai pada tanggal 9 sampai 16 Oktober 2017 bedampak pada atlit.

"Atlit kami sudah berprestasi hingga International di cabang renang, ada apa kenapa ini tiba-tiba membatalkan dengan alasan tidak ada fasilitas," sesal Tri.

Pihaknya menduga pelaksanaan Porprov 2017 di Kabupaten Minahasa sudah diluar tujuan dan visi misi sebagai persiapan dan memperbaiki raihan medali di Sulut menuju pekan olahraga Nasional (PON) 2020. "Jangan-jangan ini digelar untuk kepentingan politik karena pada tahun depan akan berlangsung pilkada pemilihan Bupati disana," pungkasnya.

Olly 'Lepas Tangan'

Komite olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulut menjelaskan untuk cabang olahraga renang dalam Porprov 2017 belum dipertandingkan karena di Kabupaten Minahasa kolam renangnya belum bisa digunakan. 

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help