TribunManado/

Manado Tuan Rumah IOXC ke 9, Pesertanya dari 11 Negara

Kota Manado menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC).

Manado Tuan Rumah IOXC ke 9, Pesertanya dari 11 Negara
NIELTON DURADO
Vicky Lumentut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kota Manado menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC). Selama tiga hari yakni 6 hingga 8 Oktober even olahraga ekstrim dunia ini akan berlangsung di Kawasan Megamas Manado. 

Manado menjadi tuan rumah ke sembilan di Tahun 2017 setelahpada 2007 di Bali, 2008 Bandung, 2009 Makassar, 2010 Palembang, (2011-2012 kosong), 2013 Jogjakarta, 2014 Semarang, 2015  Bandung, dan 2016 Serang Banten. 

"Manado menjadi tuan rumah, tidak serta merta. Ada beberapa daerah lain yang juga bersedia menjadi tuan rumah namun kita seleksi dan Manado terpilih," ujar Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Dr. Hamka Hendra Noer, M.Si pada Konferensi Pers di Kawasan Megamas Manado, Kamis (5/10) malam. 

Lanjut Hamka, kenapa dipilih Manado yang pertama karena responsibility dan partisipasi aktif dari pemerintah kota (pemkot) Manado. "Kami berkomunikasi lancar dengan pemkot Manado," ujar dia. 

Kata Hamka, ini diikuti oleh beberapa negara di dunia. "Ada 11 negara yang sudah terdaftar dan bahkan beberapa sudah ada di Manado antara lain peserta dari Thailand, Malaysia, Singapura, Jepang, China, Chili, Amerika, Australia, Vietnam, Filipina, dan Indonesia," ujar dia. 

Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengucapkan terima kasih kepada kemenpora telah merealisasikan pembicaraan beberapa waktu lalu. 

"Kami pemerintah kota Manado dan masyarakat sangat siap mendukung suksesnya even ini. Karena kapan lagi datang di Manado. Ini tidak hanya prestasi, tetapi juga menjadi suguhan yang menarik bagi kota Manado yang akhir-akhir ini mulai banyak kunjungan turis, baik dari China (Asia) dan juga eropa," ujar dia. 

Ia berharap dengan even menarik ini para turis dapat menikmati suguhan olahraga ekstrim ini. 
"Terima kasih. Kami siap mendukung sampai selesai dan sukses. Selamat datang semua yang akan mengawal even ini," ujar dia.

Banyak Macam Jenis Olahraga Ekstrim

INDONESIA Open X-Sports Championship (IOXC) yang akan berlangsung mulai Jumat (6/10) ini akan menampilkan berbagai olahraga ekstrim.

Antara lain BMX Freestyle & Flatland, Skateboard, Aggressive Inline Skate, B-Boy & B-Girl, Freestyle Basketball, dan Freestyle Soccer.

Dan untuk menambah semarak serta menghibur masyarakat Kota Manado, Kemenpora RI akan menyuguhkan DJ Performance, Clothing Expo, Graffiti Performance, dan masih banyak yang lainnya.

"Demi mensukseskan kejuaraan IOXC 2017 di Manado ini, pihak Kemenpora juga akan menggandeng federasi ataupun asosiasi dari cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan semisal, Asosiasi BMX Indonesia, Federasi Skateboard Indonesia, Indonesia Aggressive Skate Association, dan masih ada beberapa federasi ataupun asosiasi lainnya.

Bisa dikatakan IOXC ini adalah kejuaraan olahraga ekstrem bertaraf International yang selalu dinanti kehadirannya," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Laurens Enco Umboh. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help