TribunManado/

Awas, Penipuan Bermodus Pegawai Dinas Propinsi Keliaran di Bolmong Raya

Seorang anggota polisi dari Polsek Bolangitan yang menyamar menjadi ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Sonuo

Awas, Penipuan Bermodus Pegawai Dinas Propinsi Keliaran di Bolmong Raya
IST
Ilustrasi penipuan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO-Seorang anggota polisi dari Polsek Bolangitan yang menyamar menjadi ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Sonuo, Kecamatan Bolangitan,  Selasa (3/10) berhasil membongkar kejahatan penipuan.

Ia berhasil membuktikan kejahatan penipuan dengan mengorek keterangan langsung dari Retna Umanaelo, laki-laki kelahiran 
Ternate, 31 januari 1986 yang menjadi tersangka saat sementara berusaha meyakinkan sangadi Sonuo dan "BPD"

Kapolsek Kaidipang, Kompol Brammy Tamalihis, sebagai pemberi informasi awal kepada Tribun Manado, Kamis (5/10) mengatakan anggota polisi itu menyamar karena sudah ada laporan tentang seorang laki-laki yang mengaku-ngaku dari dinas Pekerjaan Umum (PU) propinsi menawarkan sisa dana proyek. Tersangka asal Ternate, Perumahan Kelurahan Jati itu lalu meminta uang itu.

Kapolsek Sangkub, Ipda Agus Tumandik mengatakan tersangka datang ke sangadi-sangadi mengaku dari dinas PU propinsi.

"Tersangka menawarkan adanya sisa proyek 2017," kata Agus

Proposal katanya harus dimasukkan. Sangadi diminta mempercepat pembuatan proposal. Para sangadi diminta biaya administrasi.

Biaya administrasi diberikan antara Rp 1 Juta sampai Rp 5 Juta. Tersangka melihat kepintaran calon korbannya. Jika terlihat bodoh, tersangka akan meminta uang dengan nominal yang besar.

Agus mengatakan yang melapor lebih dahulu ialah sangadi Tombolango, Abdul Motalik Sarombeng. Tombolango berada di Kecamatan Sangkub. Dari situ kerja sama antar polsek berhasil menangkap tersangka.

Kapolsek Kaidipang, Kompol Brammy mengatakan tersangka akhirnya dipindahkan ke polsek Sangkub setelah semula berada di Polsek Bolangitan karena yang sudah terbukti menjadi korban ialah beberapa sangadi di Sangkub. Di Bolangitan, tersangka baru membujuk.

Kapolsek Sangkub, Agus Tumandik mengatakan kasus sudah dilimpahkan ke polres Bolaang Mongondow. Penyebabnya, korban ternyata bukan hanya sangadi-sangadi di Bolmut. Tersangka sudah menipu di hampir semua wilayah bolaang mongondow raya.

Brammy Tamalihis mengatakan penipuan dengan modus yang sama terjadi Rabu (4/10) di Kaidipang. Pelaku mengaku dari Dispora propinsi.

"Tapi pelakunya tidak mau menerima langsung uang, ia meminta transfer karena bisa jadi sudah merasa gerak-gerik mereka dicium oleh petugas. Mereka masih berkeliaran di sini," ujarnya. (dma)

Penulis: David_Manewus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help