TribunManado/

Manado Masuk Enam Besar Nasional Lomba BIG

Tiga tahap penilaian diantaranya yang pertama itu evaluasi dokumen. Tahap kedua presentasi dari tim Kota Manado. Tahap ketiga verifikasi.

Manado Masuk Enam Besar Nasional Lomba BIG
tribun manado
Kantor Wali Kota Manado di depan Lapangan Sparta Tikala adalah wilayah dari Kelurahan Tikala Ares. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kota Manado masuk enam besar nominasi penilaian penggunaan informasi geospasial pihak Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) pun mendatangi Kantor Wali Kota Manado, Selasa (3/10/2017) pagi.

"Ini merupakan penilaian tahap akhir. Kami ingin melihat secara langsung bagaimana informasi geospasial dimanfaatkan dalam proses kegiatan pembangunan. Baik mulai dari perencanaan sampai pada pengendalian pembangunannya di Manado," ujar Dr Heri Sutanto, Ketua Tim Juri Penghargaan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial.

Lanjut dia ada tiga tahap penilaian diantaranya yang pertama itu evaluasi dokumen. Tahap kedua presentasi dari tim Kota Manado. Tahap ketiga verifikasi.

"Nah pada tahap ketiga ini kita mau melihat apakah sudah berjalan baik. Lalu dampaknya bagi masyarakat. Dan peningkatan produktivitas aparat pemda," ujar dia.

Kata Heri, Manado telah mengembangan inovasi ini. misalnya mengenai pajak bumi dan bangunan. "Pihak dispenda itu bisa melihat bidang tanah mana saja yang sudah membayar dan belum.

Dengan demikian untuk proses penagihan bisa dilakukan lebih efektif. Hasilnya cukup bagus. Aplikasi yang dikembangkan dalam waktu yang singkat sudah sangat lengkap. Kemudian juga dampaknya sudah bisa terlihat. Sudah berjalan dengan baik," ujar Heri.

Manado masuk nominasi enam besar bersama Kota Semarang, Kabupaten Jepara, Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, dan Kota Bogor.

"Pengumuman nanti minggu depan. Penghargaan akan diumumkan pada 17 Oktober bersamaan dengan Hari Informasi Geospasial di Cibinong. Nanti akan diundang hingga 10 besar. Tetapi penghargaannya berbeda. Ada Nominasi, nominasi unggulan dan nominasi terbaik," ujar dia.

Heri ditemani empat teman juri, dan tiga orang panitia. Pada akhir kunjungan di Cerdas Command Center (C3) di Kantor Wali Kota Manado, Heri menuliskan pesan digital yaitu.

"Command Center Manado berhasil mengintegrasikan berbagai aplikasi dengan informasi geospasial memperkaya aplikasi yang telah dibangun. Heri.

Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan yang menemani tim penilai berharap dengan ini bisa membantu masyarakat Kota Manado Sekaligus memenangkan lomba ini.

"Artinya kita membangun aplikasi ini bukan untuk dilombakan. Tapi memang bisa dimanfaatkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Kebetulan kita menggunakan peta yang disediakan BIG yang kebetulan juga ada lomba yang dilaksanakan BIG. kami bisa terpilih. Masuk nominasi saja sudah luar biasa. Bersaing dengan seluruh kabupaten kota di Indonesia. Kami sangat bersyukur," ujarnya. 

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help