TribunManado/

News Analysis - Jefry Paat: Bantuan Harus Tepat Sasaran

Dalam memberikan bantuan, pemerintah harus mempunyai data valid, sehingga bantuannya tepat sasaran.

News Analysis -  Jefry Paat: Bantuan Harus Tepat Sasaran
net
Jefry Paat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - BadanP enanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado dan instansi pemerintah serta swasta yang peduli dengan korban banjir harus memperhatikan beberapa hal dalam proses penanganan dan pemberian bantuan korban banjir.

Dalam memberikan bantuan, pemerintah harus mempunyai data valid, sehingga bantuannya tepat sasaran.

Tak hanya itu, bantuan yang diberikan sembarangan dan diberikan bukan kepada orang yang berhak bisa saja berimplikasi hukum.

Bantuan diberikan tak boleh sembarangan, tapi harus berdasarkan data korban banjir yang telah terverifikasi dengan akurat oleh pemerintah, agar tepat sasaran dan tak berimplikasi pada persoalan hukum dikemudian hari.

Hanya masyarakat yang memenuhi syarat yang berhak menerima bantuan yang telah dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 340 miliar.

Bantuan yang diberikan pemerintah kepada korban banjir, tak boleh merata.

Tapi disesuaikan dengan kategori, misalnya untuk rusak berat nilainya pasti lebih besar dibandingkan dengan hanya rusak sedang.

Saat banjir bandang terjadi di Kota Manado, saya juga memantau langsung kondisi di lapangan.

Banyak masyarakat yang layak untuk menerima bantuan karena rumahnya hanyut dan mengalami kerusakan.

Khusus warga yang rumahnya hanya tergenang air, tak perlu diberikan bantuan, saat kejadian telah banyak menerima bantuan dari masyarakat di daerah lainnya, misalnya pakaian hingga makanan.

Khusus warga korban banjir yang masih memilih kembali bermukim di bantaran sungai, oleh pemerintah harus diambil tindakan tegas.

Mereka harus direlokasi ke Pandu, sebab pemerintah telah membangun rumah, bahkan telah menyiapkan fasilitas pendukung seperti sekolah, puskesmas, gereja, masjid, jalan, listrik, air dan lainnya, yang mereka manfaatkan untuk menopang kelangsungan hidup mereka.

Pemerintah tak boleh membiarkan masyarakat mengatur hidupnya dengan tinggal di daerah rawan terserang bencana banjir, sebab bisa mengancam keselamatan mereka.

Pemerintah wajib melindungi masyarakat, dengan melarang mereka kembali bermukim di daerah bantaran sungai.

Bangunan yang didirikan masyarakat tak boleh diberikan izin, sehingga ada kesadaran mereka untuk tinggal di tempat aman yang disiapkan pemerintah dengan segala fasilitas pendukungnya.(war)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Try Sutrisno
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help