TribunManado/

Pemerintah Bangun Jalan Alternatif di Motongkad, Warga Minta Ganti Rugi Lahan

"Memang sudah ada rencana dari pemerintah Kabupaten Boltim, untuk membangun jalan dua jalur. Maka saya minta adanya kompensasi,"

Pemerintah Bangun Jalan Alternatif di Motongkad, Warga Minta Ganti Rugi Lahan
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Jalan alternatif akan digunakan Dinas PU akan lewati Pantai Motongkad. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Johar Raif, warga Motongkad Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) minta ganti rugi, jika jalan dua jalur dibangun melewati perkebunannya.

"Memang sudah ada rencana dari pemerintah Kabupaten Boltim, untuk membangun jalan dua jalur. Maka saya minta adanya kompensasi," ujar Johar Raif, Senin (2/10/2017).

Kata dia,sudah dibicarakan dalam rapat bersama pemilik lahan yang akan dilewati mulai dari Motongkad Utara, Tengah dan Induk. 

"Nantinya masalah jumlah kompensasinya masih akan dibicarakan lagi kembali dengan dinas Pekerjaan Umum serta pemerintah desa," kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sahrul Abdul Muis mengatakan memang mengalami kendala dengan masalah pembebasan lahan sepanjang 2 kilometer dan lebar 20 meter.

Ada beberapa lahan masyarakat dan perkebunan yang akan dilewati oleh jalan dua arah ini. Maka nantinya akan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

"Pada hal dananya sudah turun sebesar Rp  4,9 miliyar. Saya nanti akan turun melakukan koordinasi di daerah Motongkad," ujar Muis.

Tambahnya, jalan tersebut harus segera dikerjakan, masalahnya tinggal pada kerja sama masyarakat. Jika tidak ada titik temu, maka Dinas akan cari alternatif lain. Pastinya tetap di Motongkad.

"Jalan alternatif lain tinggal opsi terakhir, tetapi saya percaya pasti masyarakat Motongkad mau kerja sama dengan pemerintah," ujar dia.

Penulis: Vendi Lera
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help