TribunManado/

17 Unit Baterai Solar Cell di Perumahan Korban Banjir Manado Digondol Maling

DI kawasan seluas sekitar 30 hektare, untuk perumahan korban banjir Manado, rencananya akan dibangun 5.000 unit rumah.

17 Unit Baterai Solar Cell di Perumahan Korban Banjir Manado Digondol Maling
NET
Lampu jalan solar cell

TRIBUNMANADO.CO.ID-DI kawasan seluas sekitar 30 hektare, untuk perumahan korban banjir Manado,  rencananya akan dibangun 5.000 unit rumah. Tahap pertama hampir rampung 1.200 unit.  Sedangkan 1.800 unit lainnya akan menyusul dibangun setelah tahap pertama selesai.

untuk menuju ke perumahan relokasi banjir, jaraknya kira‑kira sejauh 1,5 kilometer dari jalan utama Kelurahan Pandu.

Akses jalan sudah dibuka, bahkan dilengkapi fasilitas hotmix meski di beberapa titik sudah menunjukkan kerusakan.Menuju permukiman harus menyusur jalan menanjak mengarah ke puncak Gunung Tumpa.

Pemerintah sebenarnya sudah melengkapi penerangan jalan dengan lampu solar cell, sayang 17 unit baterai lampu tersebut tersebut malah digondol pencuri. Alhasil tinggal sebagian lampu yang berfungsi.

Sebuah beton tertera Perumahan Pemukiman Relokasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Kota Manado menjadi penanda tiba di lokasi yang dituju.

Ada 8 blok yang sudah dibangun, dari A hingga I. Mulai dibangun sejak November 2016. Dari pengamatan Tribun  Blok A sampai F rampung pembangunannya, sementara blok G, H, I masih sementara dalam proses. Di blok terakhir itu nampak pekerja sibuk kejar target merampungan bangunan.

Meski sudah banyak rumah yang rampung pembangunannya hanya sebagian kecil yang ditempati. Perhitungan terakhir baru sekitar 107 rumah yang ditempati warga.

Jalan utama perumahan sudah dihotmix. Cukup lebar hingga kendaraan besar tak kesulitan lalu lalang. Beberap unit alat berat untuk pengaspalan terlihat menganggur dan terparkir di pinggir jalan.

Memang belum semua rute jalan teraspal, sisi positifnya akses jalan sudah terbuka, meski sebagian besar belum rampung pembangunannya, masih berupa jalan bebatuan dan tanah becek.Khusus blok yang hampir penuh ditempati warga sudah dibangun jalan paving. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help