News Analysis - Alfons Kimbal Gugurnya Status Tersangka Setnov, Peluang Bangkit

Gugurnya status tersangka Setya Novanto setelah menang dalam praperadilan melawan KPK

News Analysis - Alfons Kimbal Gugurnya Status Tersangka Setnov, Peluang Bangkit
TRIBUN MANADO/SUSANTO AMISAN
DR Alfons Kimbal

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Gugurnya status tersangka Setya Novanto setelah menang dalam praperadilan melawan KPK, membuka ruang bagi Ketua Umum Partai Golkar menata kembali organisasinya agar lebih solid.

Hal itu diutarakan Dr Alfons Kimbal, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado, Jumat (29/9).

"Setelah status tersangka Setya Novanto gugur, Partai Golkar tak otomatis bangkit. Tapi membuka ruang bagi Setya Novanto sebagai Ketua Umum, untuk menata partainya agar lebih solid lagi kedepan,'' katanya.

Selama menyandang status tersangka dari KPK, citra Setya Novanto kata Kimbal turun, sehingga berdampak melemahnya Partai Golkar.

"Selama status tersangka melekat pada Setya Novanto, posisi Partai Golkar melemah. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kader yang terpecah bela dan ingin segera mengganti ketua umumnya karena terjerat persoalan hukum. Tapi, setelah tak menyandang status tersangka, mereka bisa melakukan konsolidasi lagi,'' ujarnya.

Dengan konsolidasi intens, Setya Novanto diyakini Kimbal bisa kembali mempersatukan seluruh elemen partai untuk menatap pesta demokrasi kedepan.

"Setya Novanto harus selalu tampil dan memberikan transformasi bagi seluruh kader, agar bisa bangkit dan tampil optimal dalam menghadapi pesta demokrasi di daerah maupun Negara ini,'' ujarnya.(war)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved