TribunManado/

Bolmut - Bupati Serahkan Bantuan Alsintan Bernilai Miliaran Rupiah

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menyerahkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani Penerima Bantuan pada Apel Bersama ASN yang b

Bolmut - Bupati Serahkan Bantuan Alsintan Bernilai Miliaran Rupiah
TRIBUNMANADO/EDI SUKASAH
Bupati Bolmut, Depri Pontoh. 

TRIBUNMANADO.CO.ID  -  Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menyerahkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani Penerima Bantuan pada Apel Bersama ASN yang bertempat di Lapangan Sogi Bolangitang, Jumat (29/09).

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut menyampaikan bahwa bantuan Alsintan ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan di Kabupaten Bolmut.

Karena itu, disampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang  telah  memprogram bantuan Alsintan di Bolmut serta DPRD atas peran dan kerjasamanya dengan Pemerintah Daerah dalam proses pengusulan bantuan ini.

Lebih khusus kepada para petani yang telah turut bekerja membangun daerah.

Diharapkan bantuan alsintan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Ditegaskan pemberian bantuan ini bukan sebuah upaya pencitraan Pemerintah. 

Untuk itu, Jajaran aparatur dihimbau agar dapat meluruskan tudingan tersebut di masyarakat. Terlebih saat ini banyak berbagai informasi menyesatkan  untuk memuluskan kepentingan politik kelompok tertentu.

Jajaran Aparatur juga diminta untuk terus bekerja dengan baik, melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan supaya selesai tepat waktu.

Bantuan yang diserahkan diantaranya Saprodi Kegiatan Cetak Sawah (Benih dan Pupuk) kepada 32 Kelompok (850 Petani penerima manfaat), Saprodi Jagung (Benih dan Pupuk) kepada 379 Kelompok (7260 Petani penerima manfaat) serta bantuan herbisida.

Selain itu, Bantuan Alsintan diberikan kepada 6 Brigade Alsintan dan 89 Kelompok Tani diantaranya TR. 4 (2 unit), TR. 2  (25 unit), Corn Combine Harvestar/ alat panen jagung (1 unit), Combine Harvestar/alat panen padi (6 unit), Rice Transplanter/alat tanam padi (10 unit), ATJ/Alat Tanam Jagung (12 unit), Mesin paras (14 unit), Power Theser/pemipil jagung (4 unit), Hand Sprayer (3 unit), UPPO (5 unit) dan Pompa Air (14 unit). Semua bantuan di bidang Pertanian tersebut bernilai Rp. 16.699.791.364 yang bersumber dari APBN.

Sementara itu, bantuan di bidang Perkebunan diantaranya Alat pemangkas rumput (30 unit) kepada 30 Kelompok, Hand Sprayer (30 unit) kepada 30 Kelompok, Bibit Kelapa (36.000 cikal) kepada 20 Kelompok, Bibit Kakao (7.000 pohon) kepada 7 kelompok, Bibit Cengkeh (6.000 pohon) kepada 12 kelompok, Bibit Pala (8.500 pohon) kepada 11 Kelompok, Intensifikasi Kakao (1.000 pohon) dan Intercroping (1.000 HA), dengan nilai total bantuan Rp. 1.058.720.000.

Turut menyaksikan Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Asripan Nani, M.Si, Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan Perangkat Daerah serta jajaran Aparatur Pemerintah Daerah. (*)

Penulis: David_Manewus
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help