Ini Prosedur Usulan Pembongkaran Halte Rusak di Manado

PEMBONGKARAN halte atau shelter yang sebagian besar telah rusak dan merusak wajah Kota Manado tak bisa serta merta dilakukan.

Ini Prosedur Usulan Pembongkaran Halte Rusak di Manado
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Halte 

TRIBUNMANADO.CO.ID-PEMBONGKARAN halte atau shelter yang sebagian besar telah rusak dan merusak wajah Kota Manado tak bisa serta merta dilakukan. Terlebih dahulu Pemkot Manado harus melakukan pelepasan aset secara administrasi.

''Jadi teknisnya pengguna barang yakni Dishub Manado harus mengusulkan penghapusan halte rusak di Manado, '' ujar Kabid Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Jefri Andris, kepada Tribun Manado, Rabu (27/9) siang.

Selanjutnya kata Jefri, ketika sudah menerima usulan dari pengguna barang. Bagian Aset akan membuat tim evaluasi yang nantinya akan menilai, apakah layak atau tidak suatu aset untuk dihapus.

"Kita akan lihat apakah aset tidak efisien diperbaiki. Sudah tidak sesuai dengan tata ruang, mengganggu dan tidak bisa dimanfaatkan lagi," ujar Jefri.

Lanjut Jefri, pihaknya juga bisa bekerjasama dengan KPKNL untuk proses lelang agar aset rusak bisa bernilai. Tapi kata dia biasanya yang dilelang itu aset berupa kendaraan.

"Kalau untuk bangunan, apalagi halte memang sangat kecil kemungkinan nilainya. Kalau lebih besar biaya pembongkaran daripada nilainya maka akan rugi," ujar dia.

Proses selanjutnya kata Jefri. Setelah itu dilelang dan terjual, selanjutnya masuk ke tahap penghapusan."Harus buat berita acara pembongkaran dulu kemudian diajukan usulan penghapusan ke Wali Kota. Jika disetujui Wali Kota maka aset dihapus," ujar dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado M Sofyan mengatakan, pihaknya akan segera mengajukan usulan untuk penghapusan aset."Nanti kita ajukan usulan itu segera. Itu khusus halte yang dibuat  pakai dana APBD. Untuk halte yang dibangun dengan APBN dan pihak swasta, akan kita koordinasikan lagi," ujar dia.

Total halte yang dibangun dengan APBD Kota Manado ada 20 unit dari total 54 unit.(dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved