DAK Fisik Rp 6,06 miliar Tak Bisa Tersalurkan

Sebanyak sekitar Rp6,06  miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik triwulan II 2017  tak bisa tersalurkan

DAK Fisik Rp 6,06 miliar Tak Bisa Tersalurkan
HERVIANSYAH

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Sebanyak sekitar Rp6,06  miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik triwulan II 2017  tak bisa tersalurkan, karena sampai batas waktu yang ditentukan belum memenuhi syarat ditetapkan.

"Ini tentu disayangkan, karena DAK fisik pada triwulan II 2017, beberapa di antaranya tak bisa disalurkan," ujar Kepala Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Sulut, Sulaimansyah dalamLaporan Statistik Keuangan Pemerintah dan Perkembangan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, Selasa (26/9/2017). 

Menurut dia, anggaran yang tak bisa disalurkan di empat kabupaten dan kota di Sulut antara lain Minahasa Usaha di bidang pemukiman sebesar Rp769,24 juta, Minahasa Selatan bidang pendidikan Rp1,92  miliar. Manado bidang air minum Rp1,14 miliar, irigasi Rp638,25 juta dan pasar Rp1,08 miliar. "Sedangkan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bidang sentra industri kecil dan menengah Rp500 juta.

Dengan demikian total DAK fisik yang tak bisa disalurkan  Rp6,06 miliar. Dengan tak dapat disalurkannya DAK fisik tersebut, penyelesaian Pemda berkewajiban menyelesaikannya dengan menggunakan APBD. "Jadi, kalau DAK fisik tak bisa disalurkan, Pemda tetap berkewajiban menyelesaikannya," ungkapnya.

Padahal pada waktu itu pihaknya telah berupaya agar Pemda memasukan syarat yang diperlukan. Namun sampai dengan waktu yang ditentukan tidak melengkapi. Sebelumnya batas waktunya 21 Juni, kemudian diperpanjang menjadi 31 agustus. 

Untuk itu diharapkan pemerintah daerah memanfaatkan DAK fisik dengan melakukan  pemasukan data pelaporan sesuai dengan yang telah dijadwalkan. 

Terpisah, Pengamat Ekonomi Unima  Robert Winerungan mengungkapkan seharusnya DAK fisik harus terserap dengan baik oleh pemerintah daerah, karena hampir ssbagian besar perekonomian daerah masih didorong oleh satu di antara anggaran dari pemerintah pusat tersebut.

"Perekonomian di daerah bisa lebih meningkat lagi jika DAK fisik terserap 100 persen oleh daerah," ungkapnya.

Oleh karena itu pemerintah daerah harus bisa memanfaatkan dana tersebut dengan perencanaan yang baik, sehingga pembangunan di daerah bisa ditingkatkan. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved