TribunManado/
Home »

Video

Tribun Manado TV

(VIDEO) Alamak! 46 Hektare Hutan di TNBNW Rusak

Tidak jauh dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), tepatnya menuju Sungai Bolaang Asu, Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaan...

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Tidak jauh dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), tepatnya menuju Sungai Bolaang Asu, Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, terdapat pemandangan yang cukup mengganggu mata.

Jumat (22/9/2017), beberapa tumpukan kayu yang berbentuk papan dengan panjang lima meter dan lebar satu setengah jengkal tangan orang dewasa.

Sebagian tersembunyi di antara rerumputan hijau.

Tidak jauh dari situ terdapat gubuk kecil dan alat pengangkut kayu yang biasa disebut warga dengan sebutan 'pulangan' terparkir rapih bersandar pada sebatang pohon.

Ada juga beberapa penggal kayu yang dipotong berbentuk balok kira-kira sepanjang enam meter dengan lebar setengah jengkal tangan.

Entah apa jenisnya namun kondisinya dipenuhi lumpur berwarna coklat.

Asep Solihin, Kepala Resort Pantai Selatan TNBNW menjelaskan, dari luas hutan 43,913,834 hektar, saat ini telah mengalami kerusakan seluas 46 hektar.

Khususnya SPTN wilayah Doloduo Bolmong yang berbatasan dengan Bolsel.

"Menjaga hutan dari para penjarah memang tidaklah mudah, saya sendiri sering mendapatkan ancaman dari para pembalak," kata Solihin saat Tribun Manado menyambagi rumahnya di Lorong Aer Panas Desa Molibagu.

Halaman
12
Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help