Mantap Jiwa! Merayap di Tanah, Kapolres Tomohon Ikut Jalani Sanksi Anggota yang Terlambat

"Karena selama ini saya yang memimpin di polres ini, Pemimpin itu harus ada di depan, tidak cari aman, menjadi teladan kemudian tidak ada ketakutan,"

Mantap Jiwa! Merayap di Tanah, Kapolres Tomohon Ikut Jalani Sanksi Anggota yang Terlambat
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Kapolres Tomohon AKBP IK Agus Kusmayadi ikut menjalani sanksi yang diberikannya kepada anak buahnya yang terlambat apel pagi pada Senin (25/9/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Senin (25/9/2017) pukul 07.00 Wita. Suasana pada apel pagi di Mapolres Tomohon diselimuti dengan awan mendung, bersamaan dengan berhentinya gerimis secara perlahan.

Kapolres Tomohon AKBP IK Agus Kusmayadi yang hendak memimpin apel pagi, mengecek kehadiran anakbuahnya yang kelihatannya tidak lebih dari 50 persen.

AKBP IK Agus Kusmayadi pun menegaskan apel pagi akan menunggu personil Polres yang belum sampai di Mapolres. Satu jam kemudian anggota kembali diapelkan.

"Baik perwira maupun brigadir yang tidak ada dalam cacatan Propam. Ikut saya untuk merayap di depan halaman polres sambil buka kemeja. Kita merenenungkan kembali tentang kedisiplinan kita yang pernah kita terima di lembaga pendidikan," kata Kusmayadi.

Kapolres Tomohon AKBP IK Agus Kusmayadi ikut menjalani sanksi yang diberikannya kepada anak buahnya yang terlambat apel pagi pada Senin (25/9/2017)
Kapolres Tomohon AKBP IK Agus Kusmayadi ikut menjalani sanksi yang diberikannya kepada anak buahnya yang terlambat apel pagi pada Senin (25/9/2017) (TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI)

Dia pun memimpin anakbuahnya yang terlambat untuk menjalani sanksi dengan merayap di tanah. Padahal dia tak terlambat dalam apel pagi itu namunmemberi contoh dengan menanggung kesalahan anak buahnya. Perilaku Kapolres Tomohon tersebut pun disanjung bawahannya. 

"Karena selama ini saya yang memimpin di polres ini, Pemimpin itu harus ada di depan, tidak cari aman, menjadi teladan kemudian tidak ada ketakutan. Pada saat penindakan ini semoga tidak ada yang komplein atau dongkol, karena saya juga ikut serta dalam penindakan disiplin ini. Meskipun saya tidak terlambat," tegasnya.

Dia pun melanjutkan apel pagi di halaman mapolres Tomohon di  Jalan Bhayangkara nomor 1 Kelurahan Lansot.

Katanya, jangan samakan anggota yang apel dan tiidak apel pagi. Sebab personil yang berniat untuk apel pagi, pasti sudah mempersiapkan dirinya untuk memulai beraktivitas, pada pukul 5 pagi.

"Karena dalam apel kita dapat mengetahui semua permasalahan yang akan kita hadapi, termasuk kekuatan personil yang sudah siap melaksanakan tugas pada hari ini. Bagaimana mungkin kita dapat menggerakan pasukan jika tidak ada pengecekan kekuatan personil yang ada," tutupnya.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved