TribunManado/

Buka Sosialisasi Program Pamsimas, Ini Kata Bupati Depri Pontoh

Tahun ini desa tersebut secara keseluruhan mendapat dana transfer dari pemerintah pusat sebesar Rp 1,7 miliar.

Buka Sosialisasi Program Pamsimas, Ini Kata Bupati Depri Pontoh
TRIBUNMANADO
Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Rabu (20/9/2017) Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bomut) Depri Pontoh  membuka Sosialisasi Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Cluster II Kecamatan Sangkub, Kecamatan Bintauna dan Kecamatan Bolangitang Timur di Ruang Rapat Bapelitbang.

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Bapelitbang Bolmut bertujuan untuk mengenalkan program Pamsimas III serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembangaan lokal dalam penyelenggaraan program ini.

Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan bahwa kehadiran program Pamsimas sejak  2016 lalu telah membantu Pemerintah Daerah. Sebab APBD Kabupaten Bolmut belum mampu mengakomodir semua kebutuhan masyarakat. Sehingga setiap peluang pembiayaan dari Pemerintah Pusat dan bantuan lain yang tidak mengikat harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Program Pamsimas harus dijalankan secara efekif dan efisien, selain melibatkan banyak pihak, program ini juga menghabiskan dana yang besar.

Hal ini perlu dilakukan mengingat target Nasional pada RPJMN 2015-2019 yang mengamanatkan program 100-0-100 yakni 100 persen akses aman air minum, 0 persen bebas kumuh dan 100 persen akses sanitasi yang layak.

Depri mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program Pamsimas ini agar ke depan dapat berjalan sesuai harapan, terutama kendala-kendala yang terjadi di masyarakat, sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik.

Melalui sosialisasi ini diharapkan para Sangadi mendapat pemahaman serta ikut berpartisipasi dalam program ini, karena masih banyak desa di Bolmut yang belum mendapat akses air minum yang layak dan sanitasi yang baik sehingga perlu penanganan khusus.

Hasil perekrutan Tahun 2016, ada 10 Desa yang ikut Program Pamsimas. Tahun ini desa tersebut secara keseluruhan mendapat dana transfer dari pemerintah pusat sebesar Rp 1,7 miliar.

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help