Terhentinya Kapal Roro, Komunikasi Pengusaha Filipina dan Sulut Belum Ada

SEDIKITNYA pengiriman barang dari Bitung ke Davao, Filipina menjadi satu di antara kendala yang menghambat beroperasinya Kapal Roll On Roll Off (Roro)

Terhentinya Kapal Roro, Komunikasi Pengusaha Filipina dan Sulut Belum Ada
Tribun Manado
Ekspor Pakai Kapal Roro Mahal, Tiap Bulan 5 Orang Tewas di Jalan 

TRIBUNMANADO.CO.ID-SEDIKITNYA pengiriman barang dari Bitung ke Davao, Filipina menjadi satu di antara kendala yang menghambat beroperasinya Kapal Roll On Roll Off (Roro) yang melayani Bitung menuju ke Filipina bagian selatan.

'' Memang memprihatinkan. Soalnya sejak peresmian lalu. Hanya sekali beroperasi lalu tidak lagi, '' ujar Direktur Perundingan ASEAN Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Donna Gultom saat Rakor Perdagangan Lintas Batas Dalam Kerangka Kerja Sama BIMP‑EAGA, Selasa (19/9), di Hotel Fourpoints Manado.

Gultom menegaskan, hingga kini belum ada kontak bisnis antara pengusaha Filipina dengan Sulawesi Utara maupun daerah lain di Indonesia terkait pengiriman barang.

Hal-hal lain yang menghambat yakni, pasokan komoditas atau barang yang akan diekspor melalui Pelabuhan Bitung dan ketidakpastian rantai distribusi di negara tujuan.

"Kurangnya data dan informasi yang diterima pemerintah daerah dan pelaku usaha terkait regulasi dan mekanisme teknis yang berlaku," ujarnya.

Regulasi ekspor dan impor yang belum disesuaikan,  khususnya komoditas tepung terigu, nanas, pisang dan semen dari Indonesia.

Padahal, katanya, adanya Kapal Roro akan mampu memberikan dampak cukup besar bagi industri kedua negara tersebut. Konektivitas laut telah memotong waktu pengiriman barang dari Bitung ke Davao atau sebaliknya, dari sebelumnya memerlukan waktu lima minggu,  menjadi 2,5 hari.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Darwin Muksin mengungkapkan dengan digelarnya rakor bisa memberikan jalan keluar sehingga produk Indonesia bisa memanfaatkan Kapal RoRo tersebut.(erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved