Olly Bidik Rute Bitung-Hongkong

GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey tak menyerah untuk mewujudkan konektivitas perdagangan sehingga Pelabuhan Bitung menjadi International Hub Port (IHP).

Olly Bidik Rute Bitung-Hongkong
NET
Hongkong 

TRIBUNMANADO.CO.ID-GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey tak menyerah untuk mewujudkan konektivitas perdagangan sehingga Pelabuhan Bitung menjadi International Hub Port (IHP).

Kapal Roro yang melintasi Bitung‑Davao‑General Santos terhenti operasinya. Kini Olly membidik jalur Bitung‑Hongkong.

Gubernur mengatakan, proses untuk mewujudkan ini sudah dilakukan dengan melobi perusahaan kapal besar."Kita coba peluang untuk jalur Bitung menuju Hongkong. Waktu tempuhnya hanya empat malam, '' ujar Olly, Selasa (19/9).

Jika Sulut berhasil menjadi Hub Port maka Indonesia Timur tertolomg ikut tumbuh ekonominya."Selama 30 tahun makan duit pemerintah, tidak berkembang. Sekarang coba Hub Port pindah ke sini. Jarak tempuh dekat," kata dia.

Sebagai langkah awal, kapal besar berukuran 328 meter akan sandar di Bitung untuk uji coba pelabuhan."Mereka awalnya ragu kapal besar bisa sandar. Kita paksakan datang supaya mereka tahu," ujarnya.

Artinya jalur ini bisa dilalui kapal besar, dari Bitung langsung Hongkong."Masalah ekapor impor itu masalah kontainer," katanya.

Harusnya impor pakaian bisa langaung di Sulut, tapi saat ini harus beli lagi dari Jakarta dan Surabaya.Akhirnya bikin inflasi karena harga tinggi.

Perlu diingat, Sulut pun bukan daerah industri seperti di Jawa. Jadi sasarannya harus jasa. Biaya akan lebih murah jika barang masuk melalui Kota Bitung, kemudian distribusi ke Indonesia Timur.

Ia menyadari masalah Roro yang tak lagi beroperasi karena harus angkut barang dari Filipina tapi saat kembali dari Bitung malah kosong, belum ada solusi yang menyenangkan bagi kedua pihak."Harusnya ada isi barang pulang pergi, rugi kalau kosong," ujarnya.(ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved