News Analysis - Tulung: Komoditas Dari Sulut Kemungkinan Belum Miliki Nilai jual

ADA kemungkinan komoditas barang Indonesia, termasuk Sulut belum memiliki nilai jual yang tinggi di luar negeri termasuk di Filipina.

News Analysis - Tulung: Komoditas Dari Sulut Kemungkinan Belum Miliki Nilai jual
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Peluncuran Kapal Roro 

 

Joy Elly Tulung PhD

Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat

 

ADA kemungkinan komoditas barang Indonesia, termasuk Sulut belum memiliki nilai jual yang tinggi di luar negeri termasuk di Filipina. Hal ini menyebabkan jalur perdagangan dari Filipina Selatan dalam ini Davao ke Sulawesi Utara (Sulut) tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Artinya harga jual barang dari Indonesia, termasuk Sulut harus tinggi. Jika itu yang terjadi, maka akan menguntungkan daerah ini. Bicara komoditas yang diekspor ke Filipina sebenarnya banyak. Misalnya, kelapa, Cengkih dan lainnya.

Hanya memang yang perlu juga dipahami komoditi Sulut dan Davao mirip, sehingga ada beberapa komoditi yang tidak bisa dijual di Davao.

Jika harga diluar negeri lebih tinggi jauh dibandingkan di dalam negeri, maka pasokan ekspor bisa melimpah, sehingga mampu mencukupi kebutuhan yang ditargetkan. Sebab, masyarakat dan pengusaha bisa langsung menjual ke luar negeri dengan untung sangat banyak, dibandingkan harus dijual di perusahaan dalam negeri.

Untuk menjamin pasokan barang yang akan diekspor tercukupi, pemerintah perlu juga memberdayakan masyarakat. Misalnya, jika pasokan barang di bidang Pertanian, maka masyarakat perlu diberdayakan dengan memberikan bantuan modal, untuk meningkatkan produktifitasnya.

Sulut jika mampu mengembangkan bisnis lewat jalur laut, akan sangat baik untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Harapannya dengan waktu yang lebih singkat tiba di negara tujuan ekspor, biaya mengirimnya juga harus lebih rendah dibandingkan dengan proses pengiriman melalui Jakarta atau Surabaya.

Rendahnya biaya pengiriman akan lebih menguntungkan masyarakat dan pengusaha, sebab barang yang diekspor nilainya tinggi.(war)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved