Obat Kuat Ayam, Tanduay, Coca-Cola Filipina Sudah Jadi 'Branding' di Bitung

Riwayat produk Filipina di Kota Bitung bisa dilacak jauh sebelum kedatangan Kapal RoRo dengan rute Bitung‑Davao‑General Santos.

Obat Kuat Ayam, Tanduay, Coca-Cola Filipina Sudah Jadi 'Branding' di Bitung
internet
ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Riwayat produk Filipina di Kota Bitung bisa dilacak jauh sebelum kedatangan Kapal RoRo dengan rute Bitung‑Davao‑General Santos.

Sejumlah produk itu sudah lama beredar dan sangat familiar di kalangan masyarakat Bitung. Sebab sejak lama barang dari Filipina masuk melalui Sangihe ataupun Bitung.

Seperti kejadian belum lama ini, seorang ibu menunjuk satu minuman bersoda dari tumpukan minuman di dalam tempat penampungan minuman ilegal di Kantor Bea Cukai Bitung.

Ribuan minuman itu siap dimusnahkan dengan cara digilas dengan stomwals."Waduh minuman itu sangat sedap, sayang jika dimusnahkan," kata si ibu.

Minuman soda tersebut berwarna kuning. Gambar jeruk terdapat pada labelnya. Semua keterangan yang tertulis dalam label itu berbahasa Inggris."Itu produk Filipina, rasanya sedap sekali, tak ada produk Indonesia yang menyamai rasanya," kata dia.

Ibu yang bekerja sebagai ASN di Pelabuhan Samudera Bitung mengatakan, dia sering dibawakan minuman itu oleh suaminya yang kerja kapal.

Minuman itu, sebut dia, sangat enak diminum dingin."Kalau Natal biasanya suami bawa banyak," kata dia. Ia mengaku ngefans minuman itu. Sampai‑sampai dia sempat ngidam minuman tersebut kala melahirkan anak kedua mereka.

Produk Filipina, khususnya minuman, memang sudah lama diakrabi warga Bitung. Siapa tak kenal Coca Cola Filipin? Minuman ini sempat sangat terkenal pada periode pertengahan 90 ‑ an hingga awal 2000‑an.

Rasanya manis. Beda dengan Coca Cola produksi Bitung yang rasanya agak pedas.

Rival, warga Girian mengenang Coca Cola Filipina yang menjadi bintang saat Natal. Minuman itu biasanya disajikan pada tamu istimewa."Biasanya Papa kasih ke tamu kantor, Papa sangat bangga bisa menyajikan minuman tersebut, padahal rasanya sama saja, kemasannya juga mirip dengan Coca Cola disini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved