TribunManado/

Liando Harap Malonda Cs Netral di Pilkada

‘’Saya yakin mereka yang terpilih, adalah orang-orang berintegritas dan tidak mungkin melakukan cara-cara yang tidak dibenarkan oleh undang-undang,"

Liando Harap Malonda Cs Netral di Pilkada
ist
Ferry Liando 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dosen FISIP, Universitas Sam Ratulangi Manado, Ferry Liando, berharap tiga anggota Bawaslu Sulut yang telah terpilih, yakni Herwin Malonda, Kenly Poluan, dan Mustarin Humagi dapat melaksanakan tugas dengan optimal, sehingga mampu menjaga kualitas pelaksanaan pesta demokrasi di daerah ini.

‘’Saya yakin mereka yang terpilih, adalah orang-orang berintegritas dan tidak akan mungkin melakukan cara-cara yang tidak dibenarkan oleh undang-undang. Mereka pasti akan menjaga reputasi baik mereka, dengan bekerja profesional dan mandiri dalam menjaga kualitas pesta demokrasi di Sulut,’’ kata Liando, Minggu (17/9/2017).

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Bawaslu Sulut diharapkan Liando tetap netral. Tidak boleh terikat pada kelompok kepentingan tertentu.

‘’Kedepan menurut undang-undang pemilu, kewenangan Bawaslu semakin kuat. Jika, dalam undang-undang penyelengara terdahulu menyebutkan tugas Bawaslu lebih banyak pada tugas rekomendatif, tapi Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 mengisyaratkan Bawaslu dapat menjalankan fungsi eksekusi. Artinya, Bawaslu menurut Liando, bisa membatasi atau membatalkan pasangan calon jika benar-benar terbukti melakukan pelanggaran,’’ jelasnya.

Herwyn Malonda, anggota Bawaslu Sulut terpilih, menegaskan pihaknya akan bekerja profesional dalam mengawal pemilu di daerah, terutama pilkada di 6 kabupaten/kota agar berlangsung sukses.

‘’Setelah dilantik oleh Bawaslu RI, kami pasti akan melakukan konsolidasi dengan teman-teman pengawas di daerah, agar bisa melakukan pengawasan pilkada dengan optimal. Tentu kami akan tetap netral dalam melaksanakan tugas dan fungsi kami, sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang,’’ tukasnya. 
 

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help