TribunManado/

Kabar Gembira! Garuda Terbang Perdana Manado Luwuk

Memanjakan penumpang, itulah yang dilakukan maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang terus menambah rute pelayanan.

Kabar Gembira! Garuda Terbang Perdana Manado Luwuk
Boeing 777 Garuda Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Memanjakan penumpang, itulah yang dilakukan maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang terus menambah rute pelayanan.

MASKAPAI Garuda Indonesia  terbang perdana rute baru Manado‑Luwuk. Pesawat jenis Bombardier CRJ 1000 NextGen berkapasitas 96 tempat duduk melayani rute ini. Seminggu empat kali Garuda melayani rute ini yakni, Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

"Dengan adanya rute baru ini Garuda Indonesia telah melayani 8 rute domestik melalui Bandara Sam Ratulangi. Sulawesi Utara sebagai satu di antara destinasi pariwisata dengan letak geografisnya yang sangat strategis kian menunjukkan eksistensinya," ujar PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi, Ida Bagus Kt Juliadnyana, Jumat (15/9).

Penambahan rute penerbangan ini dapat mempercepat terwujudnya konektivitas transportasi udara dan peningkatan kunjungan wisatawan terhadap kedua kota ini. "Selamat bagi Garuda Indonesia atas dibukanya rute baru ini. Kami selaku pengelola bandara akan selalu mendukung upaya percepatan konektivitas udara melalui optimalisasi pelayanan bandara," ujar Ida.

Pesawat Garuda dengan nomor GA 634 melayani penerbangan menuju Luwuk dari Manado pada pukul 07.25 wita, dan  tiba di Luwuk pada pukul 08.20 Wita. Sedangkan untuk penerbangan dari Luwuk menuju Manado akan dilayani menggunakan GA 635 berangkat dari Luwuk pukul 13.00 wita. Tiba di Manado pukul 14.00 wita.

Saat ini Bandara Samrat  telah beroperasi 24 jam, namun slot yang terisi belum optimal."Ini adalah peluang bagi maskapai untuk mengisi di slot yang masih terbuka karena faktualnya alat dan SDM telah kami siapkan untuk beroperasi 24 jam. Dengan tambahan rute baru seperti ini diharapkan dapat memacu maskapai lain menambah rute di slot yang tersedia guna memberikan alternatif jam penerbangan kepada masyarakat," ujarnya.

Saat ini secara keseluruhan Bandara Sam Ratulangi melayani kurang lebih 256 penerbangan setiap minggunya. Untuk penerbangan domestik, Garuda Indonesia masih menjadi maskapai paling dominan dengan jumlah 70 penerbangan per minggu, lalu kemudian disusul Wings Air (68) , Lion Air (56), Batik Air (28), Citilink (14), Nam Air (13), dan Sriwijaya Air (7).

Dengan bertambahnya rute baru Manado‑Luwuk ini,  jumlah rute penerbangan domestik yang dilayani Bandara Sam Ratulangi Manado menjadi 23 rute penerbangan.

Sedangkan penerbangan Internasional masih didominasi charter flight berjadwal ke Tiongkok sebanyak 11 kali setiap minggu. Untuk penerbangan reguler menuju Singapura dengan maskapai Silk Air sebanyak 4 kali setiap minggu.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Manado, Donald Jerry pengembangan rute tersebut  dilakukan juga untuk memperkuat network, yaitu konektivitas intra sulawesi. Jika sudah kuat jaringannya, barulah garuda membuka penerbangan internasional dari Manado.

Saat ini Garuda untuk terus mengembangkan dan memperkuat jaringan penerbangannya di pasar domestik khususnya ke wilayah‑wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan tujuan wisata di remote area di Indonesia, sejak akhir 2013 lalu Garuda Indonesia memperkenalkan sub‑brand "Explore" dan "Explore Jet".

Penggunaan kedua sub‑brand ini sejalan dengan keunggulan armada ATR72‑600 dan Bombardier CRJ‑1000 NextGen yang mampu melayani rute‑rute penerbangan ke wilayah‑wilayah baru di kawasan timur Indonesia yang memiliki keterbatasan landasan pada akhirnya dapat meningkatkan konektivitas nasional sesuai program MP3EI.(herviansyah)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help