TribunManado/

Wali Kota Jimmy Eman Ungkap Kendala Pelebaran Jalan Tomohon

Pemkot Tomohon mewacanakan untuk melakukan tukar guling terhadap jalan nasional dengan jalan kota

Wali Kota Jimmy Eman Ungkap Kendala Pelebaran Jalan Tomohon
ISTIMEWA
Wali Kota Tomohon Jimmy Eman mengenakan pakaian kabasaran dalam kegiatan Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Volume kendaraan meningkat di Kota Tomohon, Sehingga kondisi jalan utama Kota Tomohon dinilai tak mampu lagi menampung kendaraan yang setiap waktu bertambah.

Solusinya agar jalur utama tersebut harus diperlebar. Pemerintah Kota Tomohon tak bisa berbuat banyak karena jalan protokol itu berstatus jalan nasional.

Pemkot Tomohon mewacanakan untuk melakukan tukar guling terhadap jalan nasional dengan jalan kota.

"Mengatasi kesemrawutan di jalur utama akibat tidak sebandingnya kondisi jalan dengan jumlah kendaraan, jalur utama haruslah diperlebar. Pihak kami tidak berwenang untuk melakukan pelebaran di jalan nasional tersebut," kata Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Lanjut Eman, pihaknya sementara membahas dan memikirkan bagaimana kalau jalan nasional itu akan ditukar dengan jalan kota. Agar bisa leluasa untuk melakukan pelebaran dan penataan jika status jalan itu sudah menjadi jalan kota.

"Wacana tersebut nantinya akan disampaikan kepada pemerintah provinsi dan kementerian terkait. Jalan kota yang rencananya ditukarkan dengan jalan nasional yakni jalan kota lingkar barat atau lingkar timur," ujar orang nomor satu di Kota Tomohon ini.

Pihaknya, segera menyurat ke pemprov dan merencanakan agar jalur utama Kota Tomohon ditata agar tidak semrawut.

"Diharapkan juga adanya dukungan dari masyarakat Kota Tomohon, agar usulan tersebut bisa diakomodir," pungkas Eman.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help