TribunManado/

Telly Kaget Liat Lemari Terbuka

Ya ini kote yang dorang ada ambe, ya Tuhan. Torang sangka dorang cuma ba survey nintau so ba gasak'

Telly Kaget Liat Lemari Terbuka
CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO. CO. ID, KOTAMOBAGU - 'Ya ini kote yang dorang ada ambe, ya Tuhan. Torang sangka dorang cuma ba survey nintau so ba gasak' kalimat inilah yang keluar dari Telly Luntung warga Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat ketika menjumpai perhiasan emas didalam lemari digasak maling, Rabu (13/9).

Dari keterangan yang disampaikan Telly, Dr Setiawan dan pembantu mereka bernama Saveke Tamon sebelum kejadian pihaknya kedatangan dua pria tak dikenal, pertama pasien di luar jam praktik dan pria yang mengambil daun jeruk untuk obat. Dicurigai dua pria itu diduga mengalihkan perhatian korban.

"Jadi pria yang mengaku pasien langsung tergesah-gesah ingin periksa giginya padahal harusnya mengisi identitas dulu," kata Dr Setiawan.

Pria satunya lagi mengajak Telly dan Saveke memegang daun jeruk yang dia petik. "Ciri-ciri pria itu tinggi, badan full, rambut pendek, kulit hitam punya kalat didahi kanan atas," kata Saveke.

Pria itu pun mengakatan kepada korban daun itu kata seorang dukun akan dijadikan obat jantung, tak sampai disitu pria itu mau mengambil 100 lember daun jeruk. "Saat saya mau masuk ke rumah pria itu minta agar tetap mendampingi karena sebagaimana yang dukun katakan pemilik harus dampingi saat dilakukan petik daun jeruk," cerita Telly mengulang bujukkan pria tak di kenal itu.

Singkat cerita saat korban sibuk meladeni pria tak di kenal, situasi pintu depan rumah dalam kondisi terbuka. Pandangan dari ruang praktik dokter terhalang tembok pembatas, sedangkan dari arah halaman rumah terhalang kendaraan yang diparkir di teres.

Kedua pria itu pun pergi keluar rumah, Telly kebetulan sempat melihat naik satu motor. Dari situ muncul kecurigaan bahwa keduanya sedang mensurvey lokasi yang akan dijadikan sasaran pada saat malam hari, namun ternyata aksi pencurian sudah terjadi.

"Saat saya masuk kamar liat lemeri pakaian tempat simpan pakaian dan barang emas sudah terbuka dan terbongkar, sempat mengira suami sedang cari barang apa didalam lemari," kata dia.

Pencuri berhasil menggasak perhiasan emas seperti cincin emas Unsrat, mata cicin kuning, kalung tiga rantai, dua buah kalung sabib, satu buah kalung bunda maria dan tiga gelang emas. "Kira-kira total kerugian rp 35 juta, itu baru perkiraan karena belum tau harga emas sekarang berapa," pungkas Dokter Setiawan.

Terpisah Kapolsek Kotamobagu Kompol Ruswan Buntuan langsung mengerahkan personilnya melakukan pengecekan tempat kejadian perkara. Didapati engsel lemari dalam kondisi rusak, diduga di buka paksa oleh pelaku.

"Saat ini kami sedang melakukan penyidikan atas kasus ini, sepertinya dilakukan oleh komplotan specialis pencuri yang memakai cara mengalihkan perhatian korban. Ini biasa dilakukan oleh kelompok Ternate dan Makassar," tutur Ruswan.

Data Kasus Pencurian di Polres Bolmong dan Jajaran tahun 2017:
Januari 20 laporan
Februari 22,
Maret 19,
April 14,
Mei 18,
Juni 15,
Juli 22,
Agustus 16,
September 11

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help