TribunManado/

Soal Penggusuran, Paat: Harus Sediakan Tempat

SEBELUM menggusur atau memindahkan masyarakat yang menempati lahan milik pemerintah tidak boleh sembarangan.

Soal Penggusuran, Paat: Harus Sediakan Tempat
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Ilustrasi 

Dosen Sosiologi Unsrat Jefry Paat_

SEBELUM menggusur atau memindahkan masyarakat yang menempati lahan milik pemerintah tidak boleh sembarangan. Harus menyediakan tempat lain untuk ditempati masyarakat.

"Betul itu tanah pemerintah. Tapi ketika masyarakat masuk kenapa tidak diberikan teguran. Kalaupun mengizinkan paling tidak harus ada kesepakatan bersama. Jangan membiarkan mereka masuk. Karena masalah seperti ini akan terjadi," ujarnya.

Lanjut dia, untuk penanganannya harus bersifat humanis. Sama dengan yang dilakukan Ahok. Memindahkan masyarakat namun sudah menyediakan tempat," ujarnya.

Meskipun yang ditempati bukan milik masyarakat, atau tidak ada kesepakatan sebelumnya kata Jefry
tetap saja tidak boleh sembarangan gusur.

"Pemerintah kan harus melindungi masyarakat. Jadi bukan seenaknya langsung melakukan penggusuran. Itu konsekuensi logis dalam satu proses pembangunan. Jadi harus menyiapkan lahan itu. Supaya memang bagaimana itu tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu tetap jalan. Pendekatan humanis harus dilakukan dalam melindungi kehidupan masyarakat," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan ganah itu bisa saja diberikan kepada masyarakat. "Tapi ada prosesnya bagaimana mengalihkan kepemilikan kepada masyarakat.
Masyarakat harus mengajukan permintaan hak atas tanah. Namun tergantung pemerintah juga," ujar dia.

Ia menambahkan pemerintah harus menjelaskan secara detail prioritasnya melakukan penggusuran.

"Untuk membangun apa disitu harus dijelaskan. Harus ada pembinaan. Sehingga ada win win solution. Masyarakat senang, pemerintah juga senang," ungkapnya. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help