TribunManado/

SKPD Minahasa Diajari Ilmu Jurnalistik

Seluruh satuan kerja perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa diajar soal jurnalistik dalam sosialisasi jurnalistik

SKPD Minahasa Diajari Ilmu Jurnalistik
ALPEN MARTINUS
Seluruh satuan kerja perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa diajar soal jurnalistik dalam sosialisasi jurnalistik 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Seluruh satuan kerja perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa diajar soal jurnalistik dalam sosialisasi jurnalistik, di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu (13/9).

Sosialisasi tersebut dihadiri Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit yang membuka kegiatan, narasumber Voucke Lontaan sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut.

Peserta kegiatan sosialisasi yaitu dari seluruh SKPD dan Kecamatan se Kabupaten Minahasa, serta wartawan biro Minahasa.

Kegiatan ini dibuat karena perlunya bimbingan dan pelatihan jurnalistik, untuk menjadi seorang jurnalis hebat dan bertanggung jawab di OPD masing-masing, membantu tugas pokok kehumasan dalam membuat berita di Kabupaten Minahasa.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para ASN organisasi l
perangkat daerah tentang jurnalistik dan cara menulis berita yang benar dan dapat di pertanggungjawabkan, serta membentuk kepribadian seorang jurnalis yang bertanggungjawab di setiap OPD Minahasa.

Asisten Administrasi Umum mengatakan sosialisasi jurnalistik sangat penting di adakan untuk mengembangkan potensi aparatur sipil negara menjadi jurnalis atau penulis yang bertanggungjawab dengan isi tulisannya.

"Untuk mengatasi berita hoax maka dibuatlah kegiatan ini dengan maksud dapat memberikan pemahaman, pengertian tentang jurnalistik hebat anti hoax," jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Undang-undang no 40 tahun 1999 tentang pers yang menyatakan bahwa dalam melakukan perannya perlu kebebasan pers dalam menyampaikan informasi publik secara jujur dan berimbang.

Untuk itu dalam rangka reformasi birokrasi menyadari bahwa dengan mengenal dan mengetahui cara menjadi jurnalis yang bertanggung jawab akan menghasilkan berita yang hebat dan menjadi salah satu prasyarat menuju tata kelola kepemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan, serta dapat menyamakan persepsi dalam bidang jurnalistik, juga dapat menjadi sarana guna meningkatkan kualitas aparatur dalam menyediakan, memberikan atau menerbitkan berita yang mampu dipertanggungjawabkan, lengkap, valid, mudah dimengerti dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berada di bawah kewenangannya selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan," jelasnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help